visitaaponce.com

Kegiatan Pemberdayaan harus Terus Digalakkan Koperasi Kredit

Kegiatan Pemberdayaan harus Terus Digalakkan Koperasi Kredit
Ilustrasi(Antara)

Kegiatan pemberdayaan menjadi semangat gerakan koperasi kredit yang bernaung di bawah Federasi Credit Union Indonesia atau Puskopcuina. Ketua Pengurus Puskopcuina Marselus Sunardi mengungkapkan, untuk dapat meningkatkan kualitas hidup anggota, salah satu langkah yang harus digalakkan adalah kegiatan pemberdayaan.

"Oleh karena itu, koperasi kredit atau credit union (CU) primer yang menjadi anggota dari Puskopcuina senantiasa didorong memberikan pendampingan kepada komunitas maupun kelompok binaan usaha produktif,” ujar Marselus Sunardi melalui keterangan tertulis.

Sejauh ini, program pemberdayaan sudah dilakukan sejumlah anggota. Beberapa jenis produk kelompok UMKM binaan bermacam-macam, mulai dari hewan ternak, hasil ternak, hasil tani, rempah-rempah, makanan, kerajinan tangan, dan produk kesehatan. Ada juga produk juasa yang meliputi kebersihan, cucian, perbaikan, kursus, konsultasi, kecantikan, transportasi, pemeliharaan hewan, acara dan kesehatan.

Dia menambahkan ada 1.844 kelompok usaha binaan dengan total anggota kelompok mencapai 16.151 orang. Pendekatan pemberdayaan kepada anggota juga dilakukan melalui komunitas pemberdayaan dengan jumlah 247 unit dan kelompok teritorial dengan jumlah 1.658 unit.

Puskopcuina memiliki anggota sebanyak 46 unit CU primer yang tersebar di 20 provinsi. Jumlah aset secara gerakan tercatat mencapai Rp7,9 triliun. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat