visitaaponce.com

Muh Taufik B Ajak Anak Muda Berkarya Gunakan Platform Musik Digital

Muh Taufik B Ajak Anak Muda Berkarya Gunakan Platform Musik Digital
Muh Taufik B, Youtuber dan musikus asal Kota Majene, Sulbar, mengaku terbantu dengan platform musik digital yang ada.(Ist)

KEMUDAHAN akses internet dan semakin meleknya masyarakat dengan literasi digital membuat landskap industri musik berubah. Saat ini, industri musik tidak hanya dikuasai label musik raksasa seperti beberapa dekade lalu.

Dengan semakin terbukanya kesempatan ini, banyak musisi yang memanfaatkan teknologi untuk mempublikasikan karyanya.

Muh Taufik B, Youtuber dan musikus asal Kota Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) yang memiliki spsialisasi sebagai bassist profesional, misalnya, mengaku terbantu dengan platform musik digital yang ada.

Bahkan dirinya merilis single terbaru berjudul Bersamamu di Spotify, Deezeer, Apple Music, Tidal, Youtube Music, Amazon Music, Shazam, dan channel Youtube Muh Taufik B official.

“Kita tahu saat ini kemunculan musik digital menandai adanya sebuah pergeseran musik konvensional. Ke depan, seiring dengan perkembangan zaman maka industri musik semakin maju di era digital dan mau tidak mau kita harus menyesuaikan,” ujarnya dikutip, Rabu (18/8).

Musikus kelahiran 3 Desember 1984 ini mengaku merintis karier di Kota Yogyakarta dengan bergabung bersama Soundre dan d’Fondo.

 Ia sudah meluncurkan 1 album bertajuk ‘Antara Jawa dan Mandar’ melalui major label. Namun dengan berkembangnya platform musik digital yang bisa dengan mudah diakses pendengar tanpa melalui label besar, banyak karyanya yang bisa dinikmati publik.

Oleh karena itu, dirinya mendorong musisi-musisi muda untuk memanfaatkan era keterbukaan dan teknologi ini untuk berkarya. Misalnya, dirinya yang hanya belajar musik secara otodidak pun bisa berkarya melalui platform musik digital tersebut.

Saat ini masyarakat lebih mudah mengapresiasi karya, sehingga lebih terbuka peluang untuk terus berkembang.

“Saya memotivasi untuk anak muda, walaupun otodidak teruslah berkarya. Asah kemampuan, penuh semangat dan kreatif dalam berkarya hinga nantinya akan menciptakan sebuah karya yang baik,” tambahnya.

Sembari menceritakan bahwa dengan kreatif dan kontempelasi, anak-anak muda bisa membuat karya berupa lagu yang bisa dipublikasi secara luas dengan platform musik digital.

Seperti single terbarunya yang bercerita tentang seseorang yang merindukan kekasihnya dan ingin selalu bersama. Meskipun terpisah ruang dan waktu, dan banyak melakukan kesalahan, namun sebagai kekasih, tidak ada rasa membenci.

“Inspirasi lagu ini kan berasal dari kisah nyata dan dirasakan pula oleh banyak orang yang sedang menjalin kasih. Jadi semua inspirasi bisa diolah menjadi sebuah karya yang indah, apalagi sekarang media publikasinya banyak tidak harus melalui label rekaman,” pungkasnya. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat