visitaaponce.com

Pengadilan Tolak Gugatan Bayi di Kover Album Nirvana

Pengadilan Tolak Gugatan Bayi di Kover Album Nirvana
Kover Album Nevermind milik Nirvana.(DGC Records)

GUGATAN pria, yang saat bayi, menjadi model kover album Nirvana, Nevermind, ditolak oleh pengadilan. Sebelumnya, pria itu menuding band grunge itu melakukan eksplotasi seksual terhadap dirinya.

Senin (3/1), hakim federal menolak gugatan Spencer Elden terhadap Nirvana karena kuasa hukumnya melewati tenggat untuk menanggapi pemintaan kuasa hukum Nirvana agar kasus itu dibatalkan.

Kuasa hukum Elden memiliki waktu hingga 13 Januari untuk kembali mengajukan gugatan dan kuas ahukumnya, Robert Lewis, mengatakan akan melakukan hal itu.

"Kami optimistis Spencer akan diizinkan kembali mengajukan gugatan," ujar Lewis.

Baca juga: Rayakan 30 Tahun Album Nevermind, Fender Rilis Kembali Gitar Kurt Cobain

Pada 1991, ketika berusia 4 bulan, Elden difoto dalam kondisi telanjang di dalam kolam renang merusaha menggapai uang US$1 yang digantung di sebuah pancing. Gambar itu kemudian menjadi kover album musik paling terkenal sepanjang masa.

Album Nevermind terjuan hingga 30 juta kopi dan lagu Smells Like Teen Spirit menjadi salah satu lagu paling terkenal di Amerika Serikat (AS).

"Baik Elden maupun walinya tidak pernah mengizinkan penggunaan gambar itu," klaim gugatan awal di pengadlan.

Menurut data di pengadilan, Elden tidak pernah mendapatkan kompensasi apa pun atas gambar itu dan meminta ganti rugi sebesar US4150 ribu dari 15 orang yang dia gugat, termasuk personel Nirvana Dave Grohl dan Krist Novoselic, pewaris Kurt Cobain, dan fotografer Kirk Weddle.

Dalam gugatannya, Elden mengklaim mengalami gangguan emosional yang permann dan luar biasa akibat foto itu.

Kuasa hukum Nirvana, Desember lalu, menyebut masa berlaku bagi Elden untuk menggugat telah berlalu satu dekade lalu dan tudingan bahwa foto itu adalah pornografi anak keterlaluan.

Elden berulang kali mereka ulang pose di album Nevermind itu tremasuk untuk peringatan 25 tahun album itu.

Fotografer yang memngambil foto itu, Weddle adalah teman ayah Elden. Dia membayar US$200 untuk foto itu kepada orangtua Elden. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat