visitaaponce.com

Nadine Chandrawinata Galakan Pelestarian Mangrove

Nadine Chandrawinata Galakan Pelestarian Mangrove
Melalui Sea Soldier, Nadine Chandrawinata menggalakan pelestarian ekosistem melalui mangrove.(MI/Sumaryanto Bronto)

NADINE Chandrawinata tengah menggalakkan pelestarian ekosistem mangrove lewat organisasi yang didirikannya, Sea Soldier. Menurut dia, mangrove merupakan ekosistem penting bagi Indonesia untuk mencegah krisis iklim dan ancaman bencana alam.

"Aku mulai menggalakkan mangrove karena dia menjadi border yang akan melindungi jika ada hantaman ombak besar ke daratan, dan itu sangat penting," ucap dia dalam acara Bank Indonesia, Jumat (19/8).

Sea soldier kini berfokus di 15 kota di Indonesia dan menggaet anak-anak muda untuk melakukan aksi nyata bagi lingkungan, baik darat maupun laut. Ia menyadari Indonesia merupakan negara kepulauan yang tidak lepas dari ancaman bencana tsunami maupun banjir. Karenanya, ekosistem mangrove perlu terus dilestarikan.

Baca juga: Perempuan Perupa Indonesia Hadirkan Karya Lewat Pameran Marwah

Selain itu, mangrove juga memiliki peran besar dalam penyerapan karbondioksida untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Mangrove itu sebagai pondasi, kalau pondasinya tidak kuat, maka hantaman bencana alam akan semakin besar. Dan Indonesia ini kaya akan mangrove. Negara-negara lain iri banget loh dengan kekayaan mangrove kita," beber Nadine.

Baca juga: Lily Rose Depp Ikuti Jejak Orangtua Terjun ke Dunia Hiburan

Aksi nyata Nadine untuk lingkungan dimulai dari hobi travelingnya. Selama melakukan perjalanan di berbagai daerah Indonesia, Nadine merasa miris banyak sekali lingkungan yang tidak terjaga.

"Kalau kita travelling, kan melihat sebab-akibatnya. Merasakan akibatnya daerah menjadi lebih kotor atau berantakan. Muncul ketidakseimbangan. Di bawah laut mulai bleaching. Itu yang aku tangkap semua, dan menjadi evaluasi diri," ucap dia.

Nadine pun merasa perlu memiliki suatu gerakan yang dapat membantu menanggulangi permasalahan lingkungan di daerah-daerah yang ia kunjungi atau membantu menjaga keasrian wilayah yang masih baik.

"Saat kembali ke Jakarta, saya merasa tidak ada lagi 'mandor' untuk mengontrol keseimbangan lingkungan di daerah-daerah yang sudah saya kunjungi," tutur pemain film Realita Cinta dan Rock'n Roll ini

Keinginannya itu disambut sahabatnya, Dinni Septianingrum. Jadilah pada 25 Maret 2015, mereka meluncurkan gerakan Sea Soldier. Gerakan Sea itu berinti pada pembentukan atau penjaringan anak-anak muda untuk menjadi prajurit lingkungan, di daerahnya masing-masing. Untuk menjaga dan menjadi pemimpin di lingkungannya.

"Mereka (anak muda) yang mengajukan diri ke kami, bukan dengan cara penunjukan. Dan kami ingin melihat sejauh mana keterlibatan untuk lingkungan. Karena juga butuh lebih banyak tangan untuk bergerak dan menjaga. Bukan sekadar aksi, melainkan secara keberlanjutan dalam mengurusinya," tutur Nadine. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat