visitaaponce.com

Film Terbaru Ladj Ly Angkat Kehidupan di Suburban Paris

Film Terbaru Ladj Ly Angkat Kehidupan di Suburban Paris
Setelah suskses dengan Les Miserables, Ladj Ly kembali dengan karya terbarunya Les Indesirables tentang kehidupan di pinggiran Kota Paris.(AFP)

EMPAT tahun setelah meraih perhatian di Festival Film Cannes dengan film debutnya "Les Miserables," Ladj Ly kembali dengan karya terbaru. Kali ini mengangkat kehidupan di pinggiran kota Paris yang keras dan sangat pribadi.

"Les Indesirables" - yang perdana di Festival Film Internasional Toronto - mengangkat isu krisis perumahan yang semakin meningkat di daerah tersebut, dalam latar belakang ketegangan rasial, kemiskinan, prasangka, dan tindakan berlebihan polisi.

Film ini berdasarkan pengalaman pribadi pria berusia 45 tahun itu, saat tumbuh dewasa di proyek-proyek Clichy-Montfermeil yang kumuh, situasi di pinggiran kota.

Baca juga : 5 Fakta Film Monster Hirokazu Koreeda, Tayang di Bioskop Indonesia 3 Januari 2024

"Saya tumbuh dewasa di pinggiran kota, ini adalah daerah yang memiliki tempat istimewa di hati saya," kata Ly kepada AFP.

"Ada berbagai masalah - orang yang diusir dari rumah mereka, gentrifikasi juga. Banyak orang yang dipaksa keluar, hanya untuk ditempatkan di lingkungan yang jauh lebih buruk, atau lebih jauh," katanya.

"Ini adalah masalah yang memengaruhi banyak orang, baik mereka tinggal di Prancis atau di kota-kota besar di luar negeri - di Amerika Serikat, Brasil, atau tempat lain."

Baca juga : Filmnya Diputar di Festival Film Cannes, Sutradara Iran Divonis Penjara

"Les Indesirables" mengikuti Haby (Anta Diaw), seorang aktivis perumahan muda yang tinggal di pinggiran kota di mana wali kotanya tiba-tiba meninggal, sehingga mengarah pada penunjukan dokter muda yang idealistis, Pierre (Alexis Manenti), sebagai penggantinya.

Saat Pierre mengejar rencana peremajaan perkotaan pendahulunya, Haby dan penghuni lain dari gedung apartemennya yang bobrok berusaha untuk tidak diusir. Ketegangan itu meningkat dengan nyata, setelah kebakaran tragis di restoran ilegal menyebabkan wali kota baru untuk membersihkan seluruh gedung.

Haby masuk politik, sementara temannya yang putus asa dan marah, Blaz, mengambil tindakan sendiri, dengan hasil yang traumatis.

Baca juga : Bintang Film asal Turki Merve Dizdar, Terpilih sebagai Aktris Terbaik di Cannes Festival

Diaw menyebut pengambilan gambar "pengalaman yang cukup luar biasa" tetapi mengaku bahwa berakting dalam beberapa adegan yang lebih kasar, seperti upaya sulit untuk membawa peti mati orang yang dicintai turun tangga apartemen yang licin, cukup membebani.

"Ketika saya dipanggil ke lokasi syuting, dan saya menemukan peti mati di tengah ruangan, memang benar, tidak mudah untuk melanjutkannya," jelasnya. "Saya tidak berpikir itu akan memengaruhi saya sejauh itu. Saya butuh lima menit untuk meraih diri."

Ly membuat namanya melalui "Les Miserables," yang pertama kali debut dengan pujian di Festival Film Cannes tahun 2019, memenangkan Penghargaan Juri. Film ini membawa pulang empat Cesar, versi Prancis dari Oscar, termasuk film terbaik, dan mendapatkan nominasi Oscar.

Baca juga : How to Have Sex, Karya Sutradara Inggris jadi Film Pendatang Baru Terbaik di Cannes

Manenti, yang memenangkan Cesar untuk pemeran pria paling menjanjikan 2020 untuk "Les Miserables," bergabung kembali dengan Ly untuk film baru ini.

Karakternya Pierre, yang berkulit putih di daerah yang sebagian besar dihuni oleh orang-orang keturunan Afrika dan Timur Tengah, terpaksa berlayar di tengah adegan politik lokal yang mudah terbakar sambil terus praktik medis dan meredakan ketakutan istrinya yang cemas.

"Dia adalah seseorang yang ingin membuat perubahan, dan dia melakukannya dengan cara yang agak radikal," kata Manenti. "Dia berpikir dia benar dan bahwa tujuan menghalalkan cara."

Baca juga : Ini Alasan Scorsese tidak Masukkan Filmnya dalam Kompetisi Festival Film Cannes

Tetapi ketika dia mengosongkan gedung setelah kebakaran di restoran apartemen ilegal, memberi penghuni hanya beberapa menit untuk mengemas barang-barang mereka untuk masa depan yang tidak pasti, semua kekacauan terjadi.

Ly mengatakan meskipun dia bukan seorang politikus, ia percaya perubahan nyata dibutuhkan, tetapi menyesal: "Hari ini, tidak ada keinginan politik yang nyata untuk menggerakkan jarum penunjuk."

Sutradara Prancis yang orang tuanya berasal dari Mali itu mengatakan ia berharap ia akhirnya akan membuat film ketiga tentang masalah di pinggiran kota.

Baca juga : Film Indiana Jones Terbaru Lakukan Debut di Festival Film Cannes

"Ini adalah cerita yang sangat pribadi bagi saya," kata Ly, menjelaskan bahwa ia tinggal di Bangunan 5 - gedung apartemen yang digambarkan dalam "Les Indesirables" - dan dia sendiri diungsikan dan dipindahkan ke tempat lain. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat