visitaaponce.com

Filmnya Diputar di Festival Film Cannes, Sutradara Iran Divonis Penjara

Filmnya Diputar di Festival Film Cannes, Sutradara Iran Divonis Penjara
Sutradara Iran Saeed Roustaee(AFP/saeedroustaee)

PENGADILAN di Iran menjatuhkan vonis enam bulan penjara kepada sutradara kenamaan Saeed Roustaee karena filmnya, Leila's Brothers, ditayangkan di Festival Film Cannes tahun lalu. Hal itu dilaporkan media massa Iran, Selasa (15/8).

Leila's Brothers bercerita mengenai kisah keluarga yang berjuang melawan masalah ekonomi di Teheran. Film itu sudah dilarang diputar di Iran sejak dirilis pada tahun lalu.

Film itu kemudian bersaing untuk meraih Palme d'Or di Festival Film Cannes tahun lalu. Meski gagal menang, Leila's Brothers memenangkan penghargaan dari Federasi Internasional Kritikus Film (FIPRESCI).

Baca juga : Scorsese Dukung Seruan Agar Sutradara Iran Dibebaskan

Pada Selasa (15/8), harian Eternad melaporkan Roustaee, bersama produser film itu, Javad Noruzbegi, dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan karena filmnya ditayangkan di Festival Film Cannes.

 

Baca juga : Ini Alasan Scorsese tidak Masukkan Filmnya dalam Kompetisi Festival Film Cannes

Roustaee dan Noruzbegi divnos bersalah karena menyebarkan propaganda yang berlawanan dengan sistem Islam.

Leila's Brothers dilarang tayang karena melanggar aturan dengan dikirimkan ke festival film internasional tanpa izin. Sang sutradara juga dianggap bersalah karena menolak memperbaiki pelanggaran itu sesuai permintaan kementerian kebudayaan, ungkap pemerintah Iran, kala itu.

Sutradara dan produser film itu hanya harus menjalankan seperduapuluh dari vonis itu, sekitar sembilan hari, sementara sisa hukumannya dijadikan hukuman percobaan selama 5 tahun.

Baca juga : Sutradara Sebut Film Dealova Adalah Spin Off bukan Sekuel

Selama masa hukuman percobaan itu, sutradara dan produser itu diharuskan mengiktu kelas pembuatan film dengan memperhatikan kepentingan nasional dan etik serta dilarang berhubungan dengan pelaku perfilman Iran lainnya.

Roustaee, 34, menjadi terkenal di dunia internasinal lewat film Just 6.5, yang dirilis pada 2019. Film itu berkisah mengenai masalah narkoba di Iran dan kegagalan polisi mengatasinya. (AFP/Z-1)
 

Baca juga : Film Ali Topan Tayang Hari Ini

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat