visitaaponce.com

JFW 2023 Dibuka dengan Film Budi Pekerti dan Ditutup Tiger Stripes

JFW 2023 Dibuka dengan Film Budi Pekerti dan Ditutup Tiger Stripes
Jakarta Film Week 2023(MI/Fathurrozak)

JAKARTA Film Week (JFW) 2023 akan berlangsung pada 25–29 Oktober. Festival film internasional yang memasuki tahun ketiganya tersebut akan berlangsung di CGV Grand Indonesia Jakarta Pusat, Kineforum Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta Pusat, hotel Ashley Jakarta Pusat, dan Galeri Indonesia Kaya Jakarta Pusat. 

Dua lokasi terakhir akan menjadi lokasi berlangsungnya program sampingan seperti diskusi dan lokakarya.

JFW 2023 akan dibuka dengan film Budi Pekerti (Wregas Bhanuteja) yang belum lama tayang perdana (world premiere) di Toronto International Film Festival (TIFF). Sementara film penutup adalah Tiger Stripes (Amanda Nell Eu), film asal Malaysia yang juga merupakan ko-produksi dengan Indonesia.

Baca juga : Akting Quinn Salman Perkaya Alur di Petualangan Sherina 2 

Tahun ini, JFW menerima 750 film dari 57 negara yang mendaftar. Sementara untuk kompetisi proposal film, ada 268 ide cerita yang mendaftar.

Edisi ketiga JFW juga menghadirkan program baru, JFW Net. Program jejaring (networking) yang ditujukan untuk mewadahi para sineas dan pelaku film untuk berkolaborasi dan penguatan industri film Indonesia.

Baca juga : Gara-Gara Petualangan Sherina 2, Sherina Mengaku Jadi Antimager

“Di JFW Net ada producer network. Tahun ini kami mengundang banyak tamu mulai dari produser, filmmaker, dan distributor dari berbagai negara di Asia Tenggara. Kami berharap juga ke depan JFW bisa hadirkan program market,” kata direktur festival JFW Rina Damayanti saat konferensi pers di hotel Ashley, Jakarta Pusat, Selasa, (26/9).

JFW juga akan menayangkan tiga film pemenang pendanaan film (film fund) JFW tahun lalu. Saat ini, film tengah masuk tahap pasca-produksi. Tiga film tersebut adalah Alif Pengen Punya Pacar, Yuli Pengen Dibonceng Ngabers, Rabu yang Bahagia, dan Ngidam.

Sementara itu, beberapa film yang akan diputar di JFW di antaranya adalah Past Lives (Celine Song) dan Tuhan Izinkan Aku Berdosa (Hanung Bramantyo). Untuk daftar film yang akan diputar di JFW 2023, selanjutnya bisa dicek di akun media sosial dan website resmi festival.

Seperti dua edisi terdahulu, JFW juga menghadirkan program kompetisi, di antaranya untuk film panjang, film pendek, dan animasi. Anggota juri internasional JFW tahun ini di antaranya adalah Chie Hayakawa (Jepang), Rahabi Mandra (Indonesia), Kiki Fung (Hong Kong), Sebastian Chesneau (Prancis), dan Kim Young-woo (Korea Selatan).

“Pada tahun ini, JFW juga kembali menghadirkan lokakarya. Di antaranya ada lokakarya penyutradaraan yang menghadirkan Takashi Shimizu, dan kelas akting yang menghadirkan aktris senior Christine Hakim,” tambah manajer program JFW Novi Hanabi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat