visitaaponce.com

Contoh Ucapan Belasungkawa dan Cara Mengucapkan Duka Cita di Islam dan Kristen

Contoh Ucapan Belasungkawa dan Cara Mengucapkan Duka Cita di Islam dan Kristen
Ilustrasi--Karangan buka ucapan duka cita ditempatkan di halaman rumah duka almarhum Arifin Panigoro di Griya Jenggala, Jakarta.(ANTARA/Hafidz Mubarak A)

PADA saat kondisi berduka cita, yaitu kala ada kerabat, kenalan atau keluarga kita atau orang lain yang meninggal, maka sudah seharusnya kita mengucapkan belasungkawa atau ucapan turut berduka cita. Berikut ini adalah ungkapan belasungkawa yang dapat anda sampaikan untuk mengungkapkan semangat dan empati anda.

Cara mengucapkan duka cita dalam Islam

Apabila Anda beragama Islam, Anda dapat mengucapkan belasungkawa dengan ungkapan sebagai berikut.

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang menimpa dirimu saat ini.
  2. Semoga Allah memudahkan almarhumah/ almarhum untuk melewati seluruh tahapan pada kehidupan di akhirat.
  3. Semoga Allah menempatkan almarhum/ almarhumah di Jannatul Firdaus.
  4. Turut berduka cita atas kepergian atau meninggalnya beliau, semoga beliau khusnul khotimah dan mendapatkan kelapangan di akhirat.
  5. Insya allah semua ini adalah rencana yang terbaik dari Allah. Kamu harus bisa mengikhlaskan dan menerima kepergian beliau dengan segera ketabahan serta hati yang lapang.
  6. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, saat ini yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah mendoakan beliau yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.
  7. Aku turut berduka cita atas kepergian beliau, semoga beliau diberikan tempat paling baik di sisi Allah SWT. Mudah-mudahan kamu dan keluarga yang ditinggalkan akan diberikan kesabaran untuk menerima musibah satu ini. Innallaha ma’ashobirin, maka percayalah bahwa sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang bersabar dan bertaqwa.
  8. Semasa hidup, almarhum dan almarhumah adalah orang yang sangat baik hati serta murah hati sepanjang hidupnya. Semoga Allah selalu memberikan balasan terbaik bagi almarhum dan almarhumah serta menempatkan pada surga yang terbaik. Aamiin yaa rabbal alamin.
  9. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita paling dalam untuk kamu dan sekeluarga. Semoga almarhum dan almarhumah diberikan tempat paling baik di sisi Allah SWT. Semoga kamu dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan serta rasa ikhlas. Jangan terlalu larut dalam kesedihan dan tetap semangat.
  10. Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk mengambil serta memberi sesuatu dari hamba-hamba-Nya, sebab segala sesuatu tersebut hanyalah titipan saja. Semoga kamu diberikan kesabaran serta ketabahan atas kepergian sosok yang kamu sayangi.

Cara mengucapkan duka cita dalam Kristen

Apabila anda beragama Kristen, maka berikut adalah contoh dari ungkapan belasungkawa yang dapat anda ucapkan.

  1. Turut berduka cita. Aku akan selalu berdoa semoga Tuhan menuntun dirimu pada kesembuhan hati serta membawa rasa damai di sepanjang waktumu.
  2. Aku tidak tahu kata apa yang cukup dan mampu meringankan beban atas rasa kehilangan yang kamu rasakan. Akan tetapi, ketahuilah bahwa doa ku tidak akan pernah terputus untuk dirimu. Semoga Tuhan selalu menyertaimu dalam peristiwa yang membawa duka ini.
  3. Selamat jalan sahabat baik ku, semoga Tuhan menyayangimu. Pulanglah dengan damai dan sampai jumpa kembali di surgaNya kelak.
  4. Aku turut sedih serta berduka atas kehilangan yang kamu rasakan saat ini. Akan tetapi, selalu ingatlah bahwa ia telah berada di surga saat ini, tempat terbaik bersama Tuhan. Semoga Tuhan selalu menyertai dan menguatkan langkah-langkahmu meskipun tanpa dirinya.
  5. Turut berbelasungkawa. Semoga Tuhan memberikan kekuatan bagi kamu untuk menghadapi kesedihan ini. Semoga Tuhan memberikan penghiburan sekaligus kesembuhan atas rasa kehilangan yang kamu alami saat ini karena kehilangan orang terkasih.
  6. Cobalah untuk mengikhlaskan kepergiannya. Kematian menjadi jalan satu-satunya untuk menuju sang pencipta. Suatu saat nanti kita pasti akan berkumpul kembali di rumah idaman yaitu surga yang kekal.
  7. Tuhan sudah memanggilnya kembali untuk pergi ke surga agar ia tidak merasakan sakit di dunia. Ia telah sembuh sekarang dan ia sudah damai dan tenang bersama Tuhan serta malaikat. Semoga Tuhan selalu menguatkan hatimu.
  8. Kamu perlu tahu bahwa kematian bukanlah akhir, tetapi suatu langkah awal dari kehidupan yang abadi di akhirat. Turut berbelasungkawa, semoga Tuhan memberikan tempat terbaik bagi beliau.
  9. Ketika beban jiwa tidak lagi mampu diurai, maka hanya air mata saja yang akan menunjukan segalanya. Selamat tinggal sahabat baikku, selamat jalan, doa kamu selalu menyertaimu agar kamu berada di surga yang indah dalam pelukan Sang Tuhan.
  10. Setiap yang datang, pasti akan kembali. Sesungguhnya Tuhan adalah sang pemilik rencana terbaik bagi seluruh umat-Nya yang ada di dunia. Semoga selalu damai dalam surga, semoga selalu tenang dalam pelukan Tuhan yang penuh dengan kasih. (OL-1)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat