visitaaponce.com

Fit di Usia 61 Tahun, Iwan Fals Ajak Perkuat Soliditas Lewat Karate

Fit di Usia 61 Tahun, Iwan Fals Ajak Perkuat Soliditas Lewat Karate
Musisi Iwan Fals saat berlatih karate.(MI)

IWAN Fals, penyanyi, musisi, pencipta lagu, dan kritikus yang menjadi salah satu legenda di Indonesia mengajak untuk saling menjaga dan memperkuat soliditas. Salah satunya melalui olahraga. Di usianya yang sudah menginjak 61 tahun, Iwan Fals masih aktif berolahraga, seperti karate.

Hal itu diungkapkan pemilik nama lengkap Virgiawan Liestanto saat menghadiri dan mengikuti latihan gabungan karate atau Ghosuko, yang digelar pada pembukaan Join Fun Karate Training Camp (JFKTC) dan Goes To Sensei (GTS), di kawasan Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor.

Join Fun Karate Training Camp (JFKTC) dan Goes To Sensei (GTS) yang berlangsung selama 4 Hari dari tanggal 28 September sampai dengan 1 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti 250 peserta dari 23 perguruan karate se-Indonesia.

Baca juga: Netflix Rilis Lagu Tema dan Teaser Serial Gadis Kretek

Di usianya yang ke 61 tahun, Iwan tampak bugar saat berlatih karate bersama dengan Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Panglima TNI 2017-2021 yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) dan ratusan karateka dari seluruh Indonesia.

Iwan yang mewakili Wadokai (Wahana Aliran damai Karate-do Indonesia) memberikan dukungan pada karateka-karateka yang akan naik tingkat. Dia pun mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi INKAI.

Baca juga: Rio Dewanto Masuk Nominasi Best Asian Actor, Sutradara: Aktingnya Sangat Memukau

Wadokai adalah organisasi yang terafiliasi dengan Federasi Karate Jepang. Sementara INKAI adalah Institut Karate-Do Indonesia (INKAI), salah satu perguruan karate tertua dan terbanyak di Indonesia yang telah memiliki nama besar dan atlet berprestasi.

"Itu inisiatif dari temen- temen INKAI. Pada dasarnya kita satu, berbesar hati tidak, merasa kecil hati, kita saudara semua. Kita silaturahmi,"kata Iwan.

Kalau konteksnya kebangsaan, lanjut Iwan, pihaknya berharap bisa mendulang prestasi dengan lebih maksimal.

"Banyak sekali pecinta karate di Indonesia dan prestasi kita lumayan ya untuk dunia, di multi event ya,"kata Iwan.

Sementara itu, dalam perannya untuk mengembangkan ilmu bela diri Wadokai, kata Iwan, pihaknya terus berjalan dengan adanya silabus-silabus.

Kiprah Iwan di dunia bela diri ternyata sudah sejak lama. Bahkan sejak kecil. Saat SD Iwan sudah aktif di Judo dan menorehkan prestasi yang kemudian membawanya ke dunia karate.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat