visitaaponce.com

Waspadai AI, Tom Hanks Wajah dan Suara Aktor harus Masuk Kekayaan Intelektual

Waspadai AI, Tom Hanks: Wajah dan Suara Aktor harus Masuk Kekayaan Intelektual
Aktor Hollywood Tom Hanks(AFP)

Tom Hanks baru-baru ini mengklarifikasi mengenai tayangan video yang menampilkan wajahnya. Di video tersebut, orang yang menyerupainya membahas mengenai perawatan gigi. Dia menegaskan bahwa video tersebut adalah hasil dari artificial intelligence (AI) kecerdasan buatan dan dia sama sekali tidak terlibat dalam hal tersebut.

“Awas, ada video di luar sana yang mempromosikan beberapa rencana perawatan gigi dengan menggunakan wajah saya versi AI. Saya tidak ada hubungannya dengan itu,” tulisnya dilansir dari laman People.

Sebelumnya, Hanks juga pernah membahas mengenai penggunaan AI dalam industri kreatif. Menurutnya hal itu akan terus berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, menurutnya, penggunaan AI dalam film atau serial TV akan menjadi hal yang penting untuk dinegosiasikan ke depannya.

Baca juga: Gerard Depardieu Menyangkal Tuduhan Pemerkosaan dalam Surat Terbuka

“Saya dapat memberitahu anda bahwa ada diskusi yang sedang berlangsung di semua agensi dan semua firma hukum untuk membahas konsekuensi hukum atas penggunaan wajah dan suara aktor yang akan masuk ke dalam kekayaan intelektual," tegas Hanks.

Dia merasa harus ada perlindungan terhadap dampak penggunaan AI dalam pekerjaan di bidang industri kreatif saat ini.

Baca juga: Rio Dewanto Masuk Nominasi Best Asian Actor, Sutradara: Aktingnya Sangat Memukau

“Semua orang kini dapat menciptakan kembali diri mereka sendiri pada usia berapa pun, melalui AI atau teknologi palsu. Saya bisa saja ditabrak bus besok dan saya sudah tidak ada, tapi penampilan saya bisa terus berlanjut,” tandasnya. (People/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat