visitaaponce.com

Begini Cara Astrid Tiar Memperkenalkan Batik pada Anak

Begini Cara Astrid Tiar Memperkenalkan Batik pada Anak
Astrid Tiar tampil bersama anak di acara Istana Batik(YouTube )

AKTRIS sekaligus presenter, Astrid Tiar, 37, berkomitmen untuk melestarikan batik kepada anaknya dengan cara memperkenalkan batik https://visitaaponce.com/tag/batikdan selalu bangga memakai batik setiap ada kesempatan. Inspirasi tersebut ia dapatkan dari pidato Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan sebagai anak bangsa harus melestarikan batik.

"Pada pidato beberapa waktu lalu, bapak (Jokowi) mengatakan begini, batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita. Jadi sebagai penerus budaya kita harus selalu melestarikan batik. Itu yang ku ingat terus nanti aku bicarakan sampai anak cucu ku gitu," kata Astrid dalam acara Istana Berbatik di Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (1/10).

Pada perayaan hari batik nasional 2023 tersebut Astrid tampil sebagai host bersama aktris Raffi Ahmad. Keduanya memakai pakaian batik dari Pekalongan dan Kudus. Selain itu sejumlah artis, menteri, hingga raja-raja nusantara juga hadir dalam acara istana berbatik.

Baca juga: Yuk Kenali Ragam Batik Asli Indonesia

Batik juga bisa dipadupadankan dengan blazer dan pakaian terkini. Sehingga batik akan terus mengikuti zaman dan membuat seseorang tampil berwibawa ketika memakainya.

Dalam acara tersebut Astrid mengenakan batik dari Kudus berwarna dasar biru dengan lengan berbetuk balon, adapun motifnya berwarna emas dan abu. Batik tulis Kudus tersebut dipadupadankan dengan inner putih brokat.

Baca juga: Hari Batik Nasional 2023 : Sejarah, Asal-usul, dan Jenis

"Hari ini aku memakai batik tulis dari kudus keren ya, jadi kita harus bangga sekali memakai batik," ujar dia.

Hari batik nasional ditetapkan pada 2 Oktober yang wajib diperingati tiap tahunnya. Batik juga sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2009 lalu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat