visitaaponce.com

Legalitas Pertarungan Hak Cipta Pertama Mickey Mouse Berakhir

Legalitas Pertarungan Hak Cipta Pertama Mickey Mouse Berakhir
Hak cipta untuk animasi "Steamboat Willie" di karakter Mickey Mouse berakhir setelah 95 tahun. (AFP)

HAMPIR satu abad setelah penampilan besar pertamanya, Mickey Mouse memasuki domain publik, Senin, membuka pintu bagi kemungkinan remake, spin-off, adaptasi, dan pertempuran hukum dengan Disney.

Hak cipta atas "Steamboat Willie", animasi pendek hitam-putih tahun 1928 yang pertama kali memperkenalkan penonton kepada tikus nakal yang akan menjadi lambang budaya pop Amerika, berakhir setelah 95 tahun, pada 1 Januari, di bawah hukum Amerika Serikat (AS).

Tanggal tersebut telah menjadi momok di kalender semua orang, dari pembuat film, penggemar, dan pengacara properti intelektual hingga eksekutif Disney, yang sebelumnya membantu membujuk perubahan hukum untuk memperpanjang batas hak cipta AS.

Baca juga: PT Piaggio Indonesia Rilis Disney Mickey Mouse Edition by Vespa

"Ini adalah momen yang sangat simbolis dan sangat dinanti-nantikan," kata Jennifer Jenkins, direktur Duke Center for the Study of the Public Domain.

Sekarang siapa pun bebas menyalin, berbagi, menggunakan kembali, dan mengadaptasi "Steamboat Willie" dan "Plane Crazy", animasi Disney tahun 1928 lainnya, dan versi awal karakter yang muncul di dalamnya, termasuk Mickey dan Minnie.

Baca juga: Anna dan Elsa Bersiap Hadir di Layar Lebar Lewat Film Frozen 3 dan 4

Namun, versi lebih baru dari karakter tersebut, seperti yang ada dalam film "Fantasia" tahun 1940, tidak berada di domain publik dan tidak dapat disalin tanpa kunjungan dari pengacara Disney.

Namun seniman dapat dengan bebas membuat "versi kesadaran perubahan iklim" dari "Steamboat Willie" di mana kapal Mickey terdampar di sungai yang kering, atau pengisahan feminis di mana Minnie mengambil kemudi, kata Jenkins.

Meskipun demikian, perjalanan tidak akan mulus. Dalam pernyataan kepada AFP, Disney mengatakan akan "terus melindungi hak-hak kami dalam versi-versi lebih modern dari Mickey Mouse dan karya-karya lain yang tetap tunduk pada hak cipta."

Disney mengatakan bahwa itu akan "bekerja untuk melindungi dari kebingungan konsumen yang disebabkan oleh penggunaan tidak sah Mickey dan karakter ikonik kami yang lain."

Baik Disney maupun penjaga domain publik sepakat bahwa hukum kemungkinan akan diuji di pengadilan segera. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat