visitaaponce.com

Kunto Aji Curi Perhatian saat Jadi Petugas Linmas di TPS Pemilu 2024

Kunto Aji Curi Perhatian saat Jadi Petugas Linmas di TPS Pemilu 2024
Penyanyi Kunto Aji saat jadi Linmas di TPS dekat rumahnya di Pemilu 2024.(Dok. Instagram Kunto Aji)

PENYANYI Kunto Aji kembali menarik perhatian publik dengan aksinya yang tak biasa. Pria 37 tahun itu melibatkan diri sebagai petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada gelaran pemungutan suara pemilu 2024 di TPS tempatnya tinggal. Hal itu dibagikan oleh Kunto lewat akun X dan instagram pribadinya.

“Tahun ini meniatkan diri jadi petugas TPS, walau cuma linmas,” tulis pelantun lagu ‘Terlalu Lama Sendiri’ itu dalam akun X-nya pada Selasa (13/1).

Kendati demikian, banyak warganet yang tak mempercayai cuitan tersebut dan mengira bahwa Kunto Aji sedang bergurau. Kunto Aji pun akhirnya mengunggah sebuah foto yang menjadi bukti bahwa dirinya sudah menjadi bagian dari Linmas TPS 77 di Tangerang Selatan.

Baca juga : Banyak TPS Terdampak Banjir, Bawaslu: Bisa Pemungutan Suara Susulan

Pria asal Sleman, Yogyakarta itu mengungkap awal kisah mengapa dirinya bisa menjadi Linmas di TPS tersebut. Awalnya, Kunto Aji merasa dirinya jarang ikut serta dalam acara-acara warga di kompleknya. Namun, untuk kali ini, dia ingin memanfaatkan waktu liburnya untuk ikut serta menjadi petugas TPS sekaligus membangun kedekatan dengan tetangga di sekitar kediamannya.

“Awal ceritanya aku itu jarang ikut kegiatan di komplek, tidak pernah bisa. Nah mumpung libur kebetulan ditawari Bu RT ikutan pas pemilu, bersedia lah, dengan syarat minta yang tugasnya paling mudah, karena takut ga bisa ikut rapat dan belum pengalaman juga jadi anggota KPPS. Jadilah dikasih tugas Linmas,” ujar Kunto Aji.

Pria pemilik nama lengkap Kunto Aji Wibisono itu pun menegaskan dengan santai bahwa hal yang dilakukannya tersebut belum gimmick melainkan sebuah usaha diri untuk ikut berkontribusi pada kegiatan di masyarakat.

Baca juga : Menteri Basuki, Sri Mulyani, dan Retno Marsudi Kompak Berbaju Hitam ke TPS, Simbol Berduka?

“Maka dari itu, semua ini bukan gimmick ya, ini beneran hahahahahah,” ujarnya.

Kunto mengungkapkan karena hal ini merupakan Perdana bagi dalam mengikuti kegiatan di masyarakat dengn menjadi petugas TPS, maka Kunto Aji meminta tugas yang paling mudah. Alhasil ditunjuklah menjadi Linmas.

Pada malam hari sebelum pencoblosan, bahkan Kunto Aji juga mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya sedang latihan simulasi menjadi Linmas pada saat hari pencoblosan nanti.

Baca juga : Nyoblos di Mampang Prapatan, Rhoma Irama: Nyaman cuma agak Tegang

Kunto Aji tampil totalitas menggunakan seragam Linmas berwarna hijau dengan lengan baju yang dilipat setengah. Ia pun menambahkan kacamata berlensa kuning untuk menunjang penampilannya, hal itu pun banyak mengundang decak tawa dari warganet.

Pada malam itu, tempat TPS nya dalam bertugas sebagai petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) juga mengalami beberapa kendala yaitu adanya tenda yang roboh. Kejadian tersebut ia bagikan di akun X-nya @KuntoAjiW. Kunto Aji mengungkapkan tenda TPS tersebut roboh usai terkena angin kencang.

“Tenda rubuh hujan kenceng. Tower ancur lur. Bantu mid,” tulis @KuntoAjiW pada Rabu (14/2).

Baca juga : 6 TPS di Labuan Bajo NTT Berpotensi Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Usai roboh, TPS kemudian dipindah ke dalam. Tidak dijelaskan lokasi dipindah ke mana, namun dalam video yang dibagikan Kunto Aji lokasi TPS terlihat seperti sebuah tempat penyimpanan barang. “Pindah dalem. Aja aja ada,” ungkapnya.

Akan tetapi, esok harinya pada hari pemungutan suara dimulai pada Rabu (14/2), Kunto mengenakan busana berupa kaos dan sarung batik. Selain ikut menjaga keamanan TPS, ia pun ikut melaksanakan pemilihan.

“Lapor pak, kita sudah gunakan hak suara kita, untuk Indonesia yang lebih besar dan bestari,” jelasnya.

Baca juga : Kawal TPS! Cak Imin Sebut DPT Pemilu Bisa Dimanipulasi

Kunto pun dengan sigap ikut mengawal perhitungan suara dari siang hingga hingga sore hari. “Abis tenaga karena panas, atap seng-nya bikin hawa panas. Sekarang sudah mulai menghitung suara,” ujarnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat