visitaaponce.com

Komentar Darwis tentang Aksi Kamisan Memicu Gelombang Protes di Media Sosial X

Komentar Darwis tentang Aksi Kamisan Memicu Gelombang Protes di Media Sosial X
Komentar Darwis Triadi terhadap aksi kamisan memicu protes di media sosial X.(Instagram)

KOMENTAR Darwis Triadi mengenai aksi Kamisan memicu gelombang kontroversi di media sosial X, mengangkat pernyataannya maupun gerakan Kamisan itu sendiri ke dalam trending topik. Komentar Darwin di Instagram, mengumpulkan 36,5 ribu cuitan dengan topik Aksi Kamisan.  

Darwis mengkritik tindakan Sumarsih yang menampilkan kartu kuning dan merah sebagai simbol peringatan terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) selama aksi Kamisan ke-850 di seberang Istana Merdeka pada Kamis, 15 Februari.

Aksi Kamisan ke-850 ini juga tidak hanya sebagai peringatan tetapi juga sebagai panggilan untuk penyelaman lebih dalam terkait demokrasi di tengah pelanggaran yang terus berlangsung, terutama dalam Pemilu 2024. 

Baca juga : Venezuela Menangguhkan Operasional Kantor Hak Asasi Manusia PBB dan Mengusir Staf

Maria Catarina Sumarsih atau Sumarsih adalah penggerak di balik gerakan Aksi Kamisan. Ia adalah ibu dari Bernardinus Realino Norma Irmawan atau yang dikenal sebagai Wawan. Wawan adalah korban penembakan tragedi Semanggi 1.

Dalam sebuah postingan yang di posting @hariankompas Darwin mengkomentarinya dengan bahasa Jawa

"Wes tooo, pemilu wes rampung Bu, tinggal tunggu KPU .. quick count juga sdh ada.. Trimo karo lapang dodo, ora usah nggawe ribut malah.. Ojo gelem dikongkon ngene.. Pun kundur mawon," @darwis_triadi

Baca juga : Aksi Kamisan: Kemenangan 02, Kekalahan Demokrasi dan HAM

Artinya "Ya sudah pemilu bu, tunggu KPU saja.. quick count juga ada.. Trimo dengan lapang dodo, tak usah ribet.. Gak mau kirim kesini."

Banyak warganet menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap komentar Darwin. Seperti yang ditulis @Bennidictivity di media sosial Xnya . 

“Silahkan mau jadi buzzeer capres manapun, tapi jangan pernah nyerang aksi kamisan. Sampah kalian!!!,” @Bennidictivity

Baca juga : Media Sosial Diramaikan oleh Video Dugaan Kecurangan Pemilu

“How dare you to talk like that. Disaat selama 17 tahun even gaada pemilu selalu ada aksi kamisan dari para keluarga korban. Berani-beraninya lo ngomong kayak gitu. Emang manusia kalo ga ngalamin sendiri gaakan ngerti. Tapi statement lo ini sampah & you’re a horrible human being,” tulis @vayinthe

“Dia kira kamisan nih dilakukan pas pemilu aja kah? Gak punya hati banget heran. Kalau gak bisa berempati mending diam aja woy. Ternyata benar ya, beberapa orang kalau gak ngerasain mereka gak bakal paham rasanya,” @stressnugas

Kontroversi seputar komentar Darwin menyoroti emosi dan sensitivitas yang dalam terkait demokrasi dan hak asasi manusia di Indonesia. Namun, hingga saat ini Darwis  tidak mengeluarkan klarifikasi apapun terkait kegaduhan itu. Selain itu Darwis juga menutup komenan di Instagram pribadinya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat