visitaaponce.com

Robert Downey Jr Menangkan Oscar Pertamanya

Robert Downey Jr Menangkan Oscar Pertamanya
Robert Downey Jr. memenangkan Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya dalam "Oppenheimer" karya Christopher Nolan.(AFP)

ROBERT Downey Jr. akhirnya memenangkan Oscar pertamanya sebagai aktor pendukung terbaik untuk perannya dalam film "Oppenheimer" karya Christopher Nolan

Kemenangan ini melengkapi pawai penghargaan musim ini bagi bintang tersebut, yang sebelumnya memenangkan aktor pendukung di Golden Globe, Critics Choice Awards, SAG Awards, dan BAFTA Film Awards.

"Dengan senang hati saya ingin berterima kasih kepada masa kecil saya yang sulit dan Academy — dalam urutan tersebut," kata Downey pada awal pidatonya, disusul lelucon. 

Baca juga : Oppenheimer Mendominasi Kemenangan di Penghargaan BAFTA

"Saya ingin berterima kasih kepada dokter hewan saya — maksud saya istri saya, Susan Downey di sana. Dia menemukan saya seperti hewan peliharaan yang garang dan menghidupkan kembali cinta dalam diri saya. Itu sebabnya saya di sini."

Downey juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan kerjanya di "Oppenheimer," termasuk sutradara Nolan, produser Emma Thomas, dan rekan-rekan bintangnya yang juga dinominasikan untuk Oscar, Cillian Murphy dan Emily Blunt.

"Ini rahasia kecil saya. Saya membutuhkan pekerjaan ini lebih dari pekerjaan ini membutuhkan saya. Chris tahu itu. [Produser Emma Thomas] memastikan bahwa dia menyurround saya dengan salah satu pemeran dan kru terhebat sepanjang masa — Emily, Cillian. Itu fantastis. Dan saya berdiri di sini di depan Anda sebagai pria yang lebih baik karena itu," lanjut Downey. 

Baca juga : Masuk Nominasi Oscar untuk Aktor Terbaik, Cillian Murphy: Ini Sangat Berarti

"Apa yang kita lakukan bermakna, dan hal-hal yang kita pilih untuk buat itu penting."

"Pengacara hiburan saya, Tom Hanson, selama 40 tahun, separuh waktu itu dia menghabiskan usahanya untuk mendapatkan asuransi untuk saya dan membantu saya keluar dari kesulitan — terima kasih, bro," Downey menutup pidatonya. Aktor ini juga berterima kasih kepada penata gaya, juru bicara, dan manajernya selama pidatonya.

Downey mendominasi acara penghargaan musim ini dengan pidato penerimaan yang karismatik. Di Critics Choice Awards, ia memutuskan untuk membaca langsung dari ulasan yang diterimanya selama bertahun-tahun yang tidak terlalu baik baginya.

Baca juga : Cillian Murphy Dapat Pujian dari Peaky Blinders atas Keberhasilan Oppenheimer

"Saya berpikir pagi ini: saya suka kritikus," kata Downey dengan nada sinis. "Mereka memberi saya umpan balik yang sangat indah, benar-benar begitu banyak momen yang hebat, dan beberapa di antaranya begitu puitis, saya hanya ingin berbagi beberapa pemikiran mereka dengan Anda selama bertahun-tahun."

"Yang pertama seperti haiku: 'Ceroboh, berantakan, dan malas,'" lanjutnya, "Berikutnya lebih metaforis: 'Seperti Pee-wee Herman muncul dari koma.' Ini dari seorang Brit: 'Pemborosan bakat yang membingungkan.' Dan terakhir, dan yang ini mengendap: 'Lucu seperti kentut terkunci di tempat tidur.'"

Di BAFTA Film Awards, Downey Jr. membuat berita dengan berterima kasih kepada Nolan karena mencastnya dan mengembalikan sebagian kredibilitasnya setelah ia menghabiskan lebih dari satu dekade di Marvel Cinematic Universe sebagai Iron Man/Tony Stark.

Baca juga : Christopher Nolan masih Ogah Gunakan Smartphone

"Ketika saya berusia 15 tahun, saya ingin menjadi Peter O'Toole. Ketika saya berusia 25 tahun, saya bekerja untuk Richard Attenbourgh dan Anthony Hopkins. Ketika saya berusia 35 tahun, akhirnya saya mengerti mengapa Dickie pikir Tony akan menjadi panutan yang lebih baik bagi saya daripada Peter," kata Downey Jr. 

"Ketika saya berusia 42 tahun, saya membuat dua film untuk Guy Ritchie dan belajar cara membuat film Hollywood besar dengan gaya Inggris yang sipil. Saya kemudian berperan sebagai seorang pria bernama Tony di MCU selama sekitar 12 tahun. Dan baru-baru ini, pria itu Chris Nolan menyarankan saya untuk mencoba pendekatan yang merendahkan sebagai upaya terakhir mungkin untuk menghidupkan kembali kredibilitas saya yang merosot. Jadi saya berbagi ini dengan rekan-rekan nominee saya, ini tahun yang luar biasa."

Downey Jr. dinominasikan di Oscar untuk aktor pendukung bersama Sterling K. Brown ("American Fiction"), Robert De Niro ("Killers of the Flower Moon"), Ryan Gosling ("Barbie"), dan Mark Ruffalo ("Poor Things"). Downey Jr. telah mendominasi musim ini sehingga bahkan Brown mengatakan bulan lalu bahwa dia tahu dia akan kalah dari bintang "Oppenheimer." (variety/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat