visitaaponce.com

Christopher Nolan Raih Penghargaan Oscar untuk Sutradara Terbaik dengan Oppenheimer

Christopher Nolan Raih Penghargaan Oscar untuk Sutradara Terbaik dengan 'Oppenheimer'
Pembuat film terkenal, Christopher Nolan, meraih penghargaan Oscar pertamanya dalam kategori Sutradara Terbaik untuk film "Oppenheimer." (AFP)

CHRISTOPHER Nolan resmi menjadi pemenang Oscar. Setelah delapan kali nominasi selama dua dekade, pembuat film ini membawa pulang Academy Award pertamanya untuk penyutradaraan "Oppenheimer". 

Nolan sebelumnya dinominasikan tahun 2000 untuk "Memento" (penulisan skenario), tahun 2010 untuk "Inception" (film terbaik, penulisan skenario), dan tahun 2017 untuk "Dunkirk" (film terbaik, penyutradaraan).

Tahun ini, Nolan dinominasikan bersama Justine Triet ("Anatomy of a Fall"), Martin Scorsese ("Killers of the Flower Moon"), Yorgos Lanthimos ("Poor Things"), dan Jonathan Glazer ("The Zone of Interest"). 

Baca juga : Robert Downey Jr Menangkan Oscar Pertamanya

Meskipun bersaing dengan kompetisi yang sengit, Nolan menjadi favorit karena telah mendapatkan penghargaan di hampir setiap upacara penghargaan sebelumnya, termasuk DGA Awards dan Golden Globes.

Dari panggung, ia berterima kasih kepada berbagai pihak, termasuk istrinya ("Emma Thomas yang luar biasa, produser semua film kami dan semua anak-anak kami"), para pemeran ("Matt Damon, Robert, Emily, Florence, begitu banyak lainnya, semuanya berada di puncak permainan mereka, dipimpin oleh Cillian Murphy yang luar biasa"), dan ketua Universal Pictures Donna Langley ("atas pandangan potensial dalam ini").

“Terima kasih kepada mereka yang telah percaya padaku sepanjang karier saya,” katanya.

Baca juga : Nolan akan Dianugerahi Penghargaan oleh Ilmuwan AS karena Film Oppenheimer

Nolan juga menulis dan memproduksi "Oppenheimer," sebuah epik sejarah tiga jam tentang pembuatan bom atom selama Perang Dunia II. Ceritanya mengikuti karier J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy), dari upayanya di Los Alamos untuk membangun senjata pemusnah massal yang mengakhiri perang hingga kejatuhannya selama pemeriksaan izin keamanan.

"Oppenheimer" menjadi fenomena box office dengan pendapatan global 957 juta dolar, berdiri sebagai film terlaris ketiga tahun 2023. Ini meraih 13 nominasi Oscar (termasuk film terbaik), paling banyak dari semua film di upacara tahun ini. Ini juga meraih nominasi untuk aktor terbaik (Murphy), aktor pendukung (Robert Downey Jr.), aktris pendukung (Emily Blunt), dan skenario adaptasi.

Sepanjang kariernya, Nolan telah menciptakan film kritis dan komersial seperti trilogi "Dark Knight" dan "Interstellar." Meskipun demikian, ia mengatakan bahwa ia terkejut dengan respon terhadap "Oppenheimer," sebuah drama berbiaya besar yang langka terhubung dengan kritikus dan penonton dengan cara besar.

"Dengan beberapa film tertentu, waktu pengerjaannya tepat dengan cara yang tidak pernah bisa Anda prediksi," katanya sebelumnya kepada Variety. 

"Ketika Anda mulai membuat film, Anda dua atau tiga tahun lebih awal dari saat rilis, jadi Anda mencoba menargetkan sesuatu yang bergerak sejauh minat penonton. Tapi terkadang Anda menangkap gelombang dan cerita yang Anda ceritakan adalah sesuatu yang orang tunggu-tunggu." (Variety/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat