visitaaponce.com

Jon Bon Jovi Kenang Perjalanan Bersejarah ke Uni Soviet sambil Menjaga Manajernya

Jon Bon Jovi Kenang Perjalanan Bersejarah ke Uni Soviet sambil Menjaga Manajernya
Jon Bon Jovi, berupaya menjaga manajernya tidak dipenjara saat tampil di Uni Soviet pada tahun 1989 dalam Festival Musik Perdamian Moscow(AFP)

JON Bon Jovi berharap bisa membantu menjaga manajernya agar tidak masuk penjara ketika dia tampil di Uni Soviet tahun '80-an.

Dalam podcast Conan O'Brien Needs a Friend, vokalis Bon Jovi, 62, itu merenungkan bagaimana dia membuat sejarah dengan tampil di Moskow pada Agustus 1989, beberapa bulan sebelum Tembok Berlin jatuh pada November. 

Di balik semua penampilannya di Festival Musik Perdamaian Moskow, ternyata Jon melakukan melakukannya sebagai bagian dari perjanjian agar manajernya saat itu bisa kembali ke AS, setelah dituduh melakukan penyelundupan narkoba.

Baca juga : Aktor Ibra Azhari Ditetapkan Tersangka Narkoba

"Untuk menjaga dia agar tidak masuk penjara, saya harus pergi ke Uni Soviet," kata bintang rock itu tentang mantan manajernya, Doc McGhee, yang dituduh mengedarkan banyak narkoba pada saat itu.

"Manajer pertama saya mendapat masalah dengan hukum," jelas Jon. 

"Sungguh, dia dituduh menyelundupkan sejumlah besar ton ganja ke Amerika."

Baca juga : Tiga Kali Ditangkap Kasus Narkoba, Ancaman Hukuman untuk Ammar Zoni Ditambah

"Entah bagaimana kesepakatan kesalahannya adalah mengambil anak muda yang lucu dan melemparkannya kepada serigala dan hakim, dia berkata, 'Dan saya punya ide: Kami akan pergi ke Uni Soviet dan mempromosikan perdamaian dan harmoni dan bla bla bla. Dan tolong, Yang Mulia, jangan masukkan saya ke penjara.’

"Jadi saya harus pergi di tengah salju ke Uni Soviet dan berkata, ‘Kami datang!’" pemenang Grammy ini menambahkan. "Dia menyusun paket dengan beberapa tindakan dan beberapa temannya dan kami pergi dan bermain. Itu cerita gila. Dia tidak pernah masuk penjara."

Penyanyi "It's My Life" itu juga menekankan dalam podcast betapa belum pernah terjadi sebelumnya tampil di Uni Soviet yang penuh dengan politik pada akhir tahun '80-an.

Baca juga : Artis Ammar Zoni Divonis Tujuh Bulan Penjara, Kasus Narkoba

"Anda harus ingat, Uni Soviet, jika Anda bahkan memikirkan memiliki album seperti yang kita ketahui, Anda akan dipenjara," katanya. 

"Ada anak-anak yang memiliki daftar di atas selembar kertas yang sangat kecil karena jika KGB datang pada saat itu, mereka akan merobek dan memakannya."

Rocker itu menjelaskan Stadion Luzhniki di Moskow bahkan menugaskan keamanan tambahan untuk berada di belakang panggung acara, karena mereka mengantisipasi "kerusuhan" yang akan terjadi jika penggemar melihat katering dari Hard Rock Cafe. 

Baca juga : Tok! Hakim Vonis Dody Prawiranegara 17 Tahun Penjara

"Sementara itu, kami sedang tampil di festival ini dengan band-band lain dan tidak ada yang peduli dengan itu karena keamanan benar-benar menangis ketika mereka melihat jenis makanan," katanya.

Moscow Music Peace Festival diselenggarakan selama dua hari pada 12-13 Agustus 1989 dan menampilkan sejumlah band dari Uni Soviet serta grup dari AS dan Inggris. Selain Bon Jovi, artis top seperti Mötley Crüe, Ozzy Osbourne, dan Jason Bonham dari Led Zeppelin juga tampil.

Peristiwa tersebut diorganisir manajer band Amerika dan musisi Rusia Stas Namin dan berhasil menarik 100.000 penggemar ke Stadion Luzhniki di Moskow. Penggemar di seluruh dunia juga menonton siaran langsung di televisi.

Baca juga : LBHM Minta Grasi Terpidana Mati Narkoba Merri Utami Jadi Pidana Penjara

Dalam wawancara tahun 2017 tentang konser tersebut dengan Rolling Stone, McGhee dan pengacaranya Joe Cheshire membuka diri tentang pertunjukan bersejarah itu yang lahir dari "tuduhan konspirasi ganja McGhee di beberapa yurisdiksi."

Cheshire menjelaskan bahwa dia memikirkan untuk meluncurkan Yayasan Make-a-Difference, yang mensponsori festival Moscow, sebagai sarana untuk "mencegah [McGhee] dari hukuman serius." Dia mengatakan, 

"Kami harus menyarankan kepada pengadilan federal bahwa akan jauh lebih menguntungkan bagi masyarakat agar yayasan nirlaba ini ada dan mengumpulkan uang dan menghabiskan uang untuk tujuan yang tepat daripada mengambil satu orang manusia dan memasukkannya ke penjara. Jadi itulah yang kami lakukan."

McGhee menambahkan, "Saya mendengar ini saat itu, dan saya mendengarnya selama bertahun-tahun setelahnya: 'Saya tidak percaya semua yang harus Anda lakukan adalah pertunjukan rock dan Anda lepas.' Nah, yang pertama, saya tidak yakin bahwa pengadilan apa pun, apa pun yang Anda lakukan, (People/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat