visitaaponce.com

Iwan Fals Kembali Bawa Misi Sosial dalam Tur Gaung Merah SeGALAnya

Iwan Fals Kembali Bawa Misi Sosial dalam Tur Gaung Merah SeGALAnya
Iwan Fals (tengah) dalam acara Konferensi Pers Gaung Merah SeGALAnya, Kamis (30/5) di Pos Bloc, Jakarta.(MI/IHFA FIRDAUSYA)

DALAM perjalanan bermusik musisi kondang Iwan Fals, perhatian terhadap isu-isu sosial, politik, hingga lingkungan, tak sebatas menggema dalam bait-bait lirik. Ia selalu berupaya agar pesan-pesan baik itu mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Semangat positif dalam lagu-lagunya terus menyala dari waktu ke waktu, dari panggung ke panggung. Hal itu juga yang hendak terus dinyalakan saat musisi 62 tahun ini kembali melakukan tur panjang di Tanah Air dalam acara bertajuk Gaung Merah SeGALAnya.

Jika pada acara serupa tahun lalu Iwan bermain di 10 kota, kali ini pelantun lagu Bento itu akan menyambangi 25 kota dari Juni 2024 hingga Februari 2025. Kota-kota itu adalah Sukabumi, Cirebon, Tasikmalaya, Kotabumi, Palembang, Dumai, Padang, Pontianak, Manado, Palu, Makassar, Lhokseumawe, Padang Sidempuan, Pematang Siantar, Denpasar, Jember, Kediri, Surabaya, Magelang, Solo, Tegal, Purwokerto, Bogor, Serang, dan Jakarta.

Baca juga : LANY Konser di Jakarta 9 Oktober, Tiket Bisa Dibeli Mulai 11 Maret

Sama seperti perhelatan Gaung Merah SeGALAnya 2023, Iwan ingin membawa misi sosial dalam turnya kali ini. Tahun lalu, rangkaian turnya dibarengi dengan aksi penanaman pohon yang mencapai 1.958 bibit.

Tahun ini, pihak Iwan Fals ingin mengangkat kembali pentingnya melindungi situs budaya. Sebelumnya, Iwan Fals rutin menggelar Seri Konser Situs Budaya sejak 2016 yang digelar di Panggung Kita, sebuah lokasi konser di kediamannya di Leuwinanggung, Depok.

Tak hanya itu, Iwan berharap turnya di 25 kota ini dapat membawa pesan dan inspirasi perdamaian. Hal itu mengingat perang di berbagai belahan dunia semakin mengkhawatirkan.

Baca juga : 15 Lagu Hits Dua Lipa yang Menggemparkan Dunia Musik

“Emang kurang cukup dengan (berkompetisi di) Olimpiade? Kenapa gak kita berkumpul untuk bersilaturahmi, menghidupkan daya hidup,” ujar Iwan dalam konferensi pers di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Kamis (30/5).

Untuk itu, ia selalu bersyukur ada ruang seperti yang dihadirkan Gaung Merah untuknya bernyanyi sembari menyisipkan pesan-pesan positif di sela-sela penampilannya. “Konser itu menyatukan (orang-orang). (Bisa) ketemu teman-teman lama. Walaupun cuma dua jam,” tuturnya.

Iwan memastikan ada variasi setlist lagu di setiap daerah nantinya. Rosana Listanto atau akrab disapa Mbak Yos, istri Iwan Fals, merupakan orang yang dipercaya menyusun setlist lagu dalam penampilan-penampilan sang musisi.

Baca juga : Polisi Kerahkan 710 Personil Amankan Konser Musik Avanged Sevenfold di GBK

Yos mengatakan sejumlah lagu disiapkan untuk merepresentasikan pesan tentang Indonesia. Dengan tajuk Gaung Merah SeGALAnya, ia berharap acara ini bisa memberikan segalanya untuk menjaga kehidupan aman, nyaman, damai di Indonesia.

Lagu Merah Putih, Bangunlah Putra-Putri Pertiwi, Aku Menyayangimu, itu sebagian lagu yang ingin saya angkat sebagai (upaya) berangkat menuju sesuatu yang lebih baik untuk Indonesia,” ungkap Yos.

Fabio Junot Ardelto sebagai Gaung Merah representative berharap masyarakat yang datang di setiap kota bisa mengambil pesan-pesan baik tersebut. “Kami ingin sebarkan nyala semangat dari Gaung Merah bersama Iwan Fals di 25 kota,” kata Fabio dalam kesempatan yang sama.

Baca juga : Sheila On 7 Konser Lagi! Simak Jadwal, Harga Tiket dan Cara Belinya

Gaung Merah SeGALAnya 2024 akan dibuka di Sukabumi pada 8 Juni 2024. Acara ini tidak memungut biaya alias gratis. Syaratnya adalah pengunjung wajib berusia di atas 18 tahun dengan menunjukkan KTP.

Fabio menjelaskan, Gaung Merah dibentuk dengan tujuan menjadi sebuah platform untuk mengapresiasi karya abadi (everlasting) Indonesia, terutama dari industri musik, sinema, dan kuliner. Melalui acara ini, Gaung Merah mengajak masyarakat untuk memberikan apresiasi terhadap karya abadi berkualitas terbaik yang mampu membakar semangat.

“Sejak pertama kali diadakan di tahun 2023, kami ingin menjadikan acara ini sebagai One Stop Entertainment of Everlasting Experience sekaligus sebagai apresiasi terhadap semua hal yang legendaris dan berkualitas dari industri musik, sinema, dan kuliner,” kata Fabio.

Selain penampilan dari Iwan Fals & Band, serta para tamu istimewa seperti T’KOOS Band serta penyanyi ternama lainnya, acara ini akan menghadirkan kuliner favorit setiap kota, hingga instalasi tematik dari film everlasting terbaik. Selain itu juga ada booth permainan, foto, dan aktivasi menarik lainnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat