visitaaponce.com

Ini Tata Cara Salat IdulFitri dari MUI

Ini Tata Cara Salat IdulFitri dari MUI
Ilustrasi salat Idulfitri(Antara)

TEKNIS pelaksanaan Salat Idulfitri di rumah pada prinsipnya atau tata caranya sama, yakni bisa dilakukan dengan berjamaah atau dilakukan dengan sendiri.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan jika dilakukan dengan berjamaah minimal jumlahnya 4, masing-masing seorang imam dan 3 makmum.

"Setelah itu ada salah satu diantaranya menjadi khotib tetapi jika jumlah jamaah kurang dari 4 atau jika di dalam pelaksanaan jamaah di rumah tidak ada orang yang memiliki kompetensi atau keberanian berkhotbah, maka salat Idulfitri dilakukan tanpa melakukan khotbah," kata Asrorun dalam keterangan virtual Senin, (18/5)

Baca juga: Menag Yaqut Imbau Shalat Idul Fitri Sebaiknya di Rumah Saja

Dia menambahkan khusus jika dilaksanakan salat sendiri bacaan tidak perlu dikeraskan dan tidak perlu ada khotbah.

Bagaimana panduan salat Idul Fitri berjamaah?

Menurut Asrorun, secara umum ini sama dengan aktivitas biasa cuma bisa diperpendek, pelaksanaan dipercepat seiring dengan keamanan dan juga kenyamanan sebelum salat disunahkan untuk memperbanyak takbir tahmid dan tasbih kemudian menyeru asalah jami'ah serta aktivitas salat sebagaimana biasa.

"Yang berikutnya doa Iftitah dan salat aktivitas bisa dilaksanakan sebagaimana kita melaksanakan salat idulfitri yang kita lakukan dari tahun ke tahun ketentuan yang berikutnya," sebutnya.

Baca juga: Ini Dia Fatwa MUI Soal Shalat Idul Fitri di Saat Pandemi Covid-19

Dia menegaskan tata cara khotbah bisa dilaksanakan baik di rumah maupun di masjid atau tanah lapang, dimana khotbah Ied hukumnya Sunnah yang merupakan kesempurnaan salat Idul Fitri dilaksanakan dengan dua khotbah.

"Sebagaimana kita melaksanakan khotbah Jumat jadi secara rinci diawali dengan takbir 9 kali kemudian membaca Hamdalah, membaca shalawat dan juga membaca ayat Alquran kemudian duduk sejenak setelah itu berdiri membaca takbir sebanyak 7 Kali memuji Allah dengan Hamdalah membaca shalawat, berwasiat dan mendoakan kaum muslimin," pungkasnya. (OL-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat