visitaaponce.com

Bepeten Perum Batan Indah Sudah Bebas dari Radiasi

Bepeten: Perum Batan Indah Sudah Bebas dari Radiasi
Perumahan Batan Indah yang berlokasi di Kecamatan Setu, Tangerang Selatan telah bebas dari radiasi limbah radioaktif.(Antara)

BADAN Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) mengumumkan bahwa Perumahan Batan Indah yang berlokasi di Kecamatan Setu, Tangerang Selatan telah bebas dari radiasi limbah radioaktif.

Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto mengatakan, tim gabungan BAPETEN dan Badan Teknologi Nuklir (BATAN) telah melakukan dekontaminasi dan cleanup dengan mengeruk tanah terkontaminasi dan menebang vegetasi terkontaminasi.

"Tim gabungan telah melakukan pengukuran ulang radioaktifitas, dan paparan radiasi terukur normal sehingga lahan tersebut aman untuj dipergunakan warga untuk beraktivitas sehari-hari," kata Jazi dalam konferensi pers, Kamis (22/10).

Jazi menjelaskan, selain dekontaminasi dan cleanup, tim gabungan juga melakukan pemeriksaan whole body counting terhadap warga sekitar lokasi dan remediasi dengan menguruk lokasi menggunakan tanah yang tidak terkontaminasi serta pembetonan. Sebelumnya paparan radiasi tinggi ditemukan oleh BAPETEN di area Perumahan BATAN Indah saat sedang melakukan pemantauan radiasi pada 30-31 Januari 2020. Paparan tersebut berukuran 5-200 mikrosievert per jam dari radionuklida Cesium 137 (Cs-137).

Sementara itu, dosis radiasi maksimal untuk masyarakat adalah sebesar 1 milisievert per tahun atau 0,5 mikrosievert per jam.

Setelah dilakukan penyisiran sumber radioaktif, pemetaan, dan pengambilan sampel lingkungan pada Januari-Maret, dekontaminasi oleh BATAN pada Februari-Maret, pengurukan tanah, pengecoran, dan penebangan pohon di sekitar lokasi pada September, serta pemetaan pada September-Oktober, lokasi sudah dinyatakan aman.

Berdasarkan pengukuran, laju dosis radiasi gamma pada 7 Oktober 2020 hanya mencapai 0,33 mikrosievert per jam atau di bawah ambang batas.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan menambahkan, dari kegiatan dekontaminasi terkumpul total 906 drum berukuran 100 liter dan 150 liter.

"Yang paling banyak tentu adalah berisi tanah yang terkontaminasi sejumlah 862 drum ukuran 100 liter, kemudian sekitar 19 drum berisi APD bekas yang digunakan oleh teman-teman selama di lapangan, 25 drum berukuran 100 liter yang berisi rumput-rumput yang kita juga kumpulkan dari lokasi dan terakhir adalah potongan-potongan pohon. Ada 16 pohon yang kita tebang karena dianggap terlalu tinggi kandungan radioaktifnya," jelas Anhar.

Limbah tersebut kini disimpan di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif BATAN di Serpong. Nantinya, BATAN akan melakukan kompaksi untuk menurunkan volume limbah agar lebih efisien disimpan di dalam ruang penyimpanan. (OL-13)

Baca Juga: Radiasi di Perum Batan Indah Serpihan Radio Aktif

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat