visitaaponce.com

Sepekan Dibuka, 1.700 Mahasiswa Daftar Magang di DPR

Sepekan Dibuka, 1.700 Mahasiswa Daftar Magang di DPR
Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Nizam.(Dok. GWPP)

SALAH satu program Kampus Merdeka yang yang menjadi kebijakan Kemendikbudristek yakni program magang di industri dan instansi mendapat sambutan positif dari mahasiswa. Dalam sepekan 1.700 mahasiswa sudah mendaftar untuk memperebutkan 100 kursi legislatif muda di DPR RI untuk satu semester ke depan.

"Kita buka dalam waktu satu minggu yang mendaftar sudah sampai 1.700 untuk menjadi legislatif muda," ungkap Dirjen Pendidikan Tinggi, Prof Nizam dalam Fellowship Journalisme yang digelar GWPP, Jumat (25/6).

Program magang tersebut ditujukan sebagai bentuk kemitraan DPR RI dengan program Magang Bersertifikasi Kampus Merdeka. Mahasiswa akan belajar pelaksanaan ketiga fungsi DPR RI dengan terlibatan pada rangkaian proses secara langsung dan didampingi para mentor berkualitas.

"Adik-adik mahasiswa bisa memahami proses-proses pelaksanaan fungsi DPR," imbuhnya.

Program tersebut dibuka untuk mahasiswa semester 5 dan 7 di seluruh Indonesia. Pendaftaran pun masih dibuka hingga 30 Juli 2021 dan mahasiswa yang diterima untuk magang di 5 posisi di Sekretariat Jenderal DPR RI termasuk posisi parliament trainee.

Nizam menyampaikan bahwa untuk satu semester ke depan ada 15 ribu posisi magang yang disediakan bagi mahasiswa. Sejumlah perusahaan baik swasta maupun dan juga instansi-instansi sudah menjalin kerja sama dengan Kemendikbudristek.

Tercatat ada 160 perusahaan terlibat untuk menawarkan program magang bersertifikat. Beberapa perusahaan sudah siap melaksanakan magang seperti Tokopedia, Telkom dan lainnya. Telkom sendiri membuka 9 program untuk 311 mahasiswa dan menyiapkan 48 mentor.(H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat