visitaaponce.com

Ini Gejala Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai

Ini Gejala Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai
Ilustrasi.(DOK MI.)

APENDISITIS atau yang dikenal dengan penyakit usus buntu bukan jenis yang awam bagi masyarakat. Penyakit tersebut merupakan kondisi ketika kantung apendiks yang terdapat pada usus besar mengalami peradangan.

Penyakit yang bisa mengancam nyawa tersebut umumnya terjadi pada usia 10 sampai 30 tahun. Namun sebenarnya penyakit usus buntu bisa terjadi pada segala usia.

Dilansir dari healthline.com, Jumat, (25/6), apendisitis dapat terjadi karena ada penyumbatan pada lapisan kantung apendiks. Penyebab lain yakni cedera atau trauma di perut, infeksi saluran pencernaan, hingga tumor.

Ketika penyumbatan terjadi, bakteri akan berkembang biak dan menyebabkan infeksi, meradang, hingga pecah. Komplikasi yang mengancam nyawa sangat mungkin terjadi ketika usus buntu sudah telanjur pecah.

Untuk mencegah komplikasi dan mendeteksi potensi penyakt usus buntu, berikut gejala dari penyakit usus buntu yang perlu diwaspadai.

1. Nyeri perut di bagian kanan bawah

2. Nyeri terus mengalami peningkatan, terutama ketika beraktivitas atau batuk.

3. Demam

4. Mual dan muntah

5. Konstipasi

6. Diare

7. Kembung

8. Kehilangan nafsu makan

Baca juga: Radang Usus Buntu Bisa Picu Infeksi Berat

 

Bila beberapa gejala tersebut muncul, terutama gejala nyeri di bagian perut bawah sebelah kanan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu dapat segera dilakukan penanganan tepat apabila ditemukan penyakit usus buntu. (OL-14)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat