visitaaponce.com

Kurangi Kejenuhan PJJ, BPK Penabur Jakarta Buat Gim Online Edukatif

Kurangi Kejenuhan PJJ, BPK Penabur Jakarta Buat Gim Online Edukatif
Siswa SD sedang menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pendemi Covid-19, kerap membuat jenuh anak didik.(Antara)

PEMERINTAH hingga kini masih memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring/onlen untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Khususnya daerah yang masih dalam resiko tinggi penyebaran Covid-19.

Untuk mengurangi kejenuhan dan kebosanan anak didik di tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar yang belajar menggunakan skema PJJ, BPK Penabur Jakarta menciptakan sebuah game online edukatif yang dapat diunduh di berbagai gadget kekinian.

Pengurus BPK Penabur Jakarta, Yudhian Fantoni dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/7) mengatakan sudah meluncur game online edukatif 'BEST Adventure' pada Senin (12/7).

Game yang ditujukan untuk anak usia 3-9 tahun, jelas dia, merupakan terobosan dari BPK Penabur Jakarta, sehingga di era disrupsi dan transformasi digital tidak hanya mengajak anak bermain game, tetapi juga menanamkan nilai-nilai PKBN2K (Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani).

"Dikhususkan untuk membuat pembelajaran anak fun sembari belajar dengan melatih kecerdasan anak baik motorik maupun kognitif serta mengembangkan karakter sopan santun, takut akan Tuhan, ulet, berprestasi, dan bisa bergaul dengan masyarakat," ujar Yudhian Fantoni.

Game ini dapat diakses oleh siapapun, termasuk anak yang tidak bersekolah di BPK Penabur Jakarta, sehingga mereka memiliki pengalaman seperti belajar di BPK Penabur Jakarta

Game ini mengajak anak berpetualang bersama Timothy dan Kinan yaitu dua karakter Best Kids. Setelah memasukkan nama dan menentukan karakter yang diinginkan.

Pada level pertama anak diajak untuk berpetualang di dalam rumah dan menyelesaikan misi antara lain menangkap benda sesuai dengan box yang dipilih, misalkan menangkap boneka, dan seterusnya.  

Jika sudah menyelesaikan misi di level pertama, anak diajak untuk berpetualang ke level selanjutnya seperti berpetualang ke dapur, peternakan, supermarket, serta sekolah dengan menyelesaikan misi yang berbeda-beda di setiap levelnya.

Game ini memperkenalkan anak mengenai coding atau bahasa pemrogaman, seperti yang ada dalam ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Adapun coding menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan yang ada di jenjang TK dan SD. Mulai Tahun Pelajaran 2021-2021 pembelajaran coding terus diperluas dimana melatih kemampuan computer science pada anak, sehingga memiliki literasi digital yang mumpuni. (OL-13)

Baca Juga: Baikhati.id Hadir untuk Sajikan Informasi Seputar Covid-19

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat