visitaaponce.com

Jangan Lewatkan, Malam Ini Ada Hujan Meteor Perseid

Jangan Lewatkan, Malam Ini Ada Hujan Meteor Perseid
Ilustrasi hujan meteor(AFP/Bill Ngalls)

MALAM ini akan ada fenomena antariksa hujan meteor perseid. Masyarakat bisa menyaksikan langsung hujan meteor itu tanpa alat khusus alias dengan mata telanjang. 

Menurut informasi dari Pusat Sains dan Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), hujan meteor perseid aktif sejak 17 Juli hingga 24 Agustus 2021. Puncaknya akan terjadi pada tengah malam ini hingga dini hari nanti 12-13 Agustus 2021. 

Hujan meteor perseid dinamai berdasarkan titik radian atau titik asal munculnya hujan meteor) yang terletak di konstelasi Perseus. Hujan meteor tersebut berasal dari sisa-sisa debu komet 109P/Swift-Turtle. 

Baca juga : AIIB Setujui Dana US$150 Juta untuk Proyek Satelit di RI

Fenomena ini dapat disaksikan dari arah utara barat laut hingga utara mulai tengah malam waktu setempat hingga 20 menit menjelang waktu Matahari terbit di seluruh bagian dunia. 

Adapun di langit Indonesia, intensitas hujan meteor ini diperkirakan akan mencapai 60-90 meteor per jam dengan kecepatan lesatan 212.400 kilometer per jam. 

Hujan meteor ini bisa disaksikan tanpa alat bantu. Syaratnya, kondisi cuaca cerah  dan kualitas penglihatan ke langit cukup jelas atau minim polusi cahaya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat