visitaaponce.com

Prananda Surya Paloh Berterima Kasih Pendonor Tembus 2.717

Prananda Surya Paloh Berterima Kasih Pendonor Tembus 2.717
Prananda Surya Paloh.(MI/Pius Erlangga.)

KETUA Umum Garda Pemuda (GP) Nasdem Prananda Surya Paloh mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi masyarakat yang telah berpartisipasi dalam Program Pemuda Siaga Pandemi-Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) yang dimulai sejak 30 Juli 2021 dan berakhir Rabu (18/8).

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan PSP Berderma. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa menjadi kekuatan baru bagi kita yang sedang berjuang melawan covid-19 di Republik Indonesia," ujar Prananda dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/8).

Yang membuat Prananda gembira dan penuh syukur yaitu di berbagai kota/kabupaten di Indonesia masih banyak masyarakat yang peduli antara satu sama lain. Ini terbukti ada 2.488 pendonor darah biasa dan 229 pendonor plasma konvalesen yang berhasil dikumpulkan. Jika ditotal ada 2.717 pendonor.

"Kegiatan PSP Berderma menjadi bukti bahwa kami dari Garda Pemuda NasDem siap mengabdikan diri demi kepentingan bangsa dan negara dalam melawan pandemi covid-19," ungkap Prananda. Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, manfaat plasma konvalesen bagi pasien covid-19 sangatlah penting. Selain membantu meningkatkan imunitas secara pasif, juga menurunkan jumlah virus dalam tubuh hingga menjaga sel tetap utuh guna mencegah organ dalam tubuh mengalami kerusakan.

Tak lupa, Prananda juga mengapresiasi kerja kemanusiaan seluruh kader GP NasDem di Indonesia yang telah merelakan waktu, tenaga, dan pikiran, sehingga aksi donor darah dan donor plasma konvalesen ini berjalan dengan sukses. Dia juga berpesan kepada kader GP NasDem untuk selalu menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak partai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat. 

"Para kader NasDem terus berkontribusi membantu pemerintah dan masyarakat. Salah satunya kami buktikan dengan kegiatan PSP Berderma yang telah dimulai sejak 30 Juli 2021 hingga 18 Agustus 2021," jelas Prananda.

Senada, Koordinator Nasional PSP Berderma GP NasDem Duwi Pratiwi mengatakan kegiatan puncak PSP Berderma digelar pada Rabu (18/8) secara serentak sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI. "Kami juga syukuran atas pencapaian angka pendonor nasional dan kegiatan-kegiatan lain yang bermuara pada kepentingan bersama," terang Duwi.

Dari data yang diterima, jumlah peserta yang telah mendonorkan darah mencapai 2.488 orang dan yang mendonorkan plasma konvalesen mencapai 229 orang. Dari data itu, terdapat tiga provinsi dengan pendonor terbanyak dari Provinsi Kepulauan Riau dengan jumlah 535 orang disusul Jawa Tengah 257 serta Papua Barat 153. 

Sebagai informasi, stok persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) dikabarkan menipis seiring tingginya permintaan, sedangkan jumlah pendonor sedikit. Akibatnya, persediaan darah biasa dan plasma konvalesen dengan kebutuhan tidak berimbang.

Baca juga: Anak Yatim-Piatu Butuh Perhatian Pemerintah

PMI baru bisa memenuhi permintaan plasma konvalesen untuk 86 ribu pasien. Sementara stok harian berkisar 600 plasma konvalesen dengan permintaan mencapai 3.000 per hari. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat