visitaaponce.com

Apa yang Dimaksud dengan Mood Swing dan Bagaimana Mengatasinya

Apa yang Dimaksud dengan Mood Swing dan Bagaimana Mengatasinya?
Ilustrasi(Pexels)

MOOD Swing bisa diartikan sebagai perubahan suasana hati pada seseorang. Kondisi itu ditandai dengan perubahan emosi yang merupakan reaksi terhadap suatu situasi. 

Mood swing sesekali sering terjadi pada seseorang. Namun, jika mood swing ini terus muncul dan berdampak mengganggu kehidupan pribadi, bisa jadi mengalami gangguan kesehatan mental yang dikenal dengan bipolar.

Selama perubahan emosi tidak berdampak pada kehidupan sehari-hari maka hal ini masih dianggap normal. Karena, pada umumnya, manusia mempunyai perasaan yang tidak dapat dikontrol terkadang juga berpengaruh pada suasana hati. 

Baca juga : Gangguan Bipolar Bisa Dorong Penderitanya Lakukan Bunuh Diri

Namun, pada orang yang mengalami bipolar, perubahan suasana hati terjadi secara drastis, berlarut-larut, hingga dapat mengganggu aktivitas. Hal inilah yang seharusnya patut untuk diwaspadai.

Contoh dari suasana hati (mood swing) dapat membuat seseorang menjadi sangat senang dan sedih secara tidak terkontrol, implusif, sangat mudah tersinggung, tidak bisa tidur, perubahan mood bahkan bisa sampai mengganggu kegiatan sehari-hari dan bisa jadi merusak hubungan dengan orang terdekat.

Perhatikan juga jika mood swing telah mencapai tingkatan yang lebih parah, seperti menimbulkan rasa ingin melukai diri sendiri atau mengakhiri hidup. 

Baca juga : Lost and Found: Hidup Berdamai dengan Duka

Mood swing yang muncul bersamaan dengan gejala-gejala tersebut bisa jadi merupakan pertanda gangguan kesehatan mental.

  • Penyebab mood swing:
  • Kondisi hormon
  • Ketidakseimvbangan kimia otak 
  • Penyakit tertentu 
  • Mengalami gangguan mental 

Cara mengatasinya adalah bisa dengan melakukan kegiatan seperti:

Menjalani hidup yang sehat, olahraga dengan teratur, tidur yang cukup, konsumsi makanan sehat, dan mengelola stres, dapat membantu menjaga mood tetap stabil.

Baca juga : Minim Aktivitas, Tapi Lelah Sepanjang Waktu? Ini Sebabnya

Membuat mood diary, Jika mood swing sering dirasakan, amati tiap kali perubahan suasana hati ini terjadi, kapan waktunya dan apa alasannya. 

Kemudian catat dalam buku catatan pribadi. Dengan memerhatikan pola-pola tersebut, faktor pemicu mood swing dapat lebih mudah dikenali, sehingga bisa dihindari.

Jika dampak dari mood swing bertambah parah dianjurkan untuk berkonsultasi dengan pskiater atau psikolog. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat