visitaaponce.com

Tingkatkan Herd Immunity, 2.000 KaryawanBPJAMSOSTEK DapatVaksin Booster

Tingkatkan Herd Immunity, 2.000 Karyawan BPJAMSOSTEK Dapat Vaksin Booster
Kegiatan vaksinasi Covid-19 booster yang digelar BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Jakarta.(Ist/Bpjamsostek)

UNTUK meningkatkan herd immunity,  BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja menggelar vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan atau booster kepada 2.000 karyawan BPJAMSOSTEK di wilayah DKI Jakarta.

Vaksinasi Covid-19 tersebut diselenggarakan selama dua hari di Gedung Plaza BPJAMSOSTEK, Jakarta Selatan. 

Dalam kegiatan tersebut, Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK Abdur Rahman Irsyadi dan Ketua Dewan Pengawas Muhammad Zuhri berkesempatan mendapatkan suntikan pertama. 

Dalam salambutannya, Abdur Rahman Irsyadi engatakan bahwa pemberian vaksin booster ini merupakan upaya BPJAMSOSTEK untuk menekan penyebaran virus di lingkungan kantor serta sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam pengentasan pandemi covid-19 di Indonesia. 

Seperti yang diketahui bahwa sejak 12 Januari 2022 lalu pemerintah mulai menggalakkan program vaksinasi booster bagi seluruh masyarakat.

Baca juga: Sebanyak 4,5 Juta Warga Telah Disuntik Vaksin Covid-19 Booster

Hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan imunitas tubuh yang cendrung menurun sejak 6 bulan pasca-vaksinasi, terutama di tengah kemunculan varian baru covid-19 termasuk Omikron. 

"Sampai dengan hari ini memang di BPJS Ketenagakerjaan jumlah karyawan yang terpapar juga mengalami peningkatan," kata Abdur Rahman,

"Oleh karena itu hari ini kami mempercepat proses pemberian booster kepada seluruh karyawan, karena mereka adalah aset berharga kami. Selain itu sebagai institusi yang memberikan pelayanan kepada publik, hal ini sekaligus dapat meningkatkan keamanan bagi para peserta yang berinteraksi langsung dengan karyawan BPJAMSOSTEK," imbuhnya. 

Guna mendukung kelancaran kegiatan vaksinasi ini, BPJAMSOSTEK juga bekerja sama dengan berbagai institusi, seperti Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Administrasi Jakarta Selatan, dan Puskemas Setiabudi serta tim vaksinator dari RS Bhakti Mulya dan Klinik Nayaka.

Untuk penanganan gawat darurat BPJAMSOSTEK bekerja sama dengan RS Jakarta, ditambahan RS Pertamina dan RSUP Fatmawati sebagai rujukan. 

Fasilitas yang disediakan di lokasi kegiatan juga telah memenuhi standar, di antaranya ruang gawat darurat, ruang observasi, ruang tunggu serta lokasi penyuntikan vaksin.

Seluruh peserta yang terdaftar juga dipastikan telah memiliki tiket vaksin booster. Jenis vaksin yang digunakan pun sesuai dengan ketentuan Kemenkes yaitu Astrazeneca. 

Sementara itu Kepala Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan Kemenkes  Sugianto mengapresiasi gerak cepat BPJAMSOSTEK yang telah memfasilitasi seluruh karyawan untuk mendapatkan vaksin booster sebagai salah satu upaya bersama dalam menangkal transmisi covid-19.

Kemenkes juga memastikan bahwa apapun jenis vaksin yang digunakan sudah dalam kondisi aman.

“Kita juga menyadari saat ini memang terjadi peningkatan kasus, oleh karena itu sekali lagi kami sangat berharap  upaya ini adalah salah satu ikhtiar untuk menangkal transmisi itu sendiri. Namun tentunya tidak mungkin hanya dari upaya vaksinasi saja, tetap harus diimbangi protokol kesehatan,” jelasd Sugiarto.

Kembali Abdur Rahman Irsyadi menambahkan bahwa karyawan BPJAMSOSTEK yang tersebar di seluruh Indonesia juga akan mendapat vaksinasi booster yang bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat. 

"Meski telah mendapatkan vaksin booster, saya tetep mengimbau kepada seluruh insan BPJAMSOSTEK untuk tetap patuhi protokol kesehatan 5M. Sehingga mampu memutus rantai penyebaran covid-19 dan Indonesia segera terbebas dari pandemi," pungkasnya.

Sementara itu di sela-sela kegiatan gerakan sejuta langkah yang dilakukan seluruh karyawan Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan, Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta Eko Nugriyanto mengajak kepada seluruh karyawan dijajaran wilayah DKI Jakarta agar melaksanakan dan turut mensukseskan kegiatan vaksinasi yang ketiga (vaksin booster) ini.

Eko juga menambahkan bahwa kegiatan gerakan sejuta langkah (berolah raga jalan sehat) yang dilakukan hari ini juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan imunitas seluruh karyawan.

"Dengan memiliki tubuh yang sehat dan kuat, akan membuat diri kita lebih semangat dan lebih produktif dalam bekerja," ungkap Eko. (RO/OL-09)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat