visitaaponce.com

BRIN Targetkan Satelit Lapan A-4 Meluncur Akhir Tahun Ini

BRIN Targetkan Satelit Lapan A-4 Meluncur Akhir Tahun Ini
BRIN targetkan satelit Lapan A-4 meluncur akhir tahun ini.(Dok BRIN)

KEPALA Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Robertus Heru Triharjanto, mengungkapkan pusat riset teknologi satelit tengah fokus mengembangkan satelit Lapan A-4. Satelit Lapan A-4 dapat memantau bumi baik sumber daya alam maupun kondisi lingkungan hingga analisis bencana dan pencurian ikan.
 
“Akhir tahun ini kami rencananya akan meluncurkan satelit Lapan A-4,” kata Heru dikutip dari laman BRIN, Senin, (14/3).
 
Sementara itu, pusat riset teknologi penerbangan tengah mengembangkan pesawat N219A bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia. Pengembangan diarahkan pada platform amfibi. Pesawat N219 amfibi ini sangat diperlukan bagi negara kepulauan seperti Indonesia.

Baca jugaWapres: Dunia bakal Hadapi Kelangkaan Air Bersih

Baca juga: BMKG: Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia

“Kita kan negara maritim. Kita harus punya solusi untuk transportasi yang bisa masuk ke kepulauan-kepulauan yang tidak ada bandaranya. Jadi, salah satunya adalah membuat pesawat penumpang tersebut jadi amfibi,” tutur Heru.
 
Haru menuturkan pusat riset penginderaan jauh akan terus mengembangkan metodologi-metodologi dari teknologi penginderaan. Teknologi penginderaan jauh telah dimanfaatkan, di antaranya untuk zona potensi penangkapan ikan, deteksi pencemaran laut, seperti tumpahan minyak dan lainnya.
 
“Ke depannya kami akan mengupayakan supaya lebih banyak data dan lebih banyak output yang bisa jadi solusi untuk masalah-masalah di Indonesia dari penginderaan jauh,” tutur dia.
 
Adapun pusat riset antariksa berfokus pada pengamatan matahari. Heru menjelaskan banyak fenomena dari pengamatan matahari yang bisa berdampak di bumi, seperti kondisi ionosfer.
 
“Ionosfer itu adalah lapisan paling tinggi dari atmosfer kita yang jenis atmosfernya itu terionisasi, jadi ada polaritas. Kondisi di sana akan memengaruhi transmisi radio, satelit navigasi, dan satelit komunikasi”, ujar dia.
 
Pengembangan teknologi roket juga terus dilaksanakan oleh pusat riset Teknologi Roket. Khususnya, berfokus pada roket pertahanan.
 
“Yang membuat roket pertahanan itu industri pertahanan, tapi dari sisi pusat riset, kami ditugasi untuk membantu dengan pengetahuan (core knowledge) yang kami miliki,” ujar Heru.
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melantik dan mengambil sumpah jabatan 10 kepala organisasi riset. Organisasi riset pusat antariksa BRIN terdiri dari lima pusat riset, yaitu teknologi satelit, teknologi penerbangan, penginderaan jauh, antariksa, dan teknologi roket. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat