visitaaponce.com

Penularan Hepatitis Akut Dinilai Mirip dengan Hepatitis A

Penularan Hepatitis Akut Dinilai Mirip dengan Hepatitis A
Ilustrasi hepatitis(Freepik.com)

AHLI Gastrohepatologi Anak Dr. Muzal Kadim menilai gejala dan penularan hepatitis akut yang berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mirip dengan hepatitis A, yaitu melalui fekal oral atau penularan melalui mulut, makanan, dan minuman yang terkontaminasi.

"Gejalanya juga bisa menyebabkan hepatitis fluminal/berat, namun sampai saat ini masih belum tahu penyebab pastinya tapi diduga melalui fekal oral dan gejalanya agak mirip-mirip dengan hepatitis A," kata Muzal dalam dialog dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Minggu (8/5).

Hepatitis A memiliki masa inkubasi rata-rata antara 2 minggu setelah tertular oleh seseorang yang sudah mengalami penyakit sebelumnya. Namun rata-rata masa inkubasi 15-20 hari.

Baca juga : Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Berpotensi Jadi Wabah, Surveilans Ditingkatkan

Gejala hepatitis pada umumnya terjadi demam namun tidak tinggi hanya demam ringan dengan suhu 38 derajat dan tidak sampai 39 derajat lebih. Bersamaan demam juga disertai mual dan muntah.

Kemudian ciri khas dari hepatitis lainnya yakni lemas, lesu, dan nyeri perut kanan hati karena biasanya terjadi pembesaran hati. Setelah itu terjadi kuning yang menandakan bahwa virusnya sudah menyerang hati sehingga terjadi peradangan yang menandakan hepatitis.

"Gejala ini bisa terjadi 1-4 minggu tapi ini untuk hepatitis yang kita ketahui ya. Tapi untuk hepatitis yang belum diketahui etiologinya ini gejalanya agak sedikit berbeda kadang setelah mual, muntah, kuning dan terjadi hepatitis fluminal dengan cepat," jelasnya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat