visitaaponce.com

Candi Borobudur Berbenah Sambut Waisak 2022

SUDAH dua tahun Candi Borobodur meniadakan Perayaan Tri Suci Waisak akibat pandemi covid-19. 

Namun berbeda dengan tahun ini. Sejumlah persiapan mulai dilakukan oleh Walubi dan pengelola taman wisata Candi Borobudur dalam menyambut Waisak 2566 BE seiring dengan diizinkannya kembali untuk menggelar acara keagamaan.

Baca juga: Merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku Bikin Madiun Waspada

Hari ini di kawasan Taman Lumbini, kompleks taman wisata Candi Borobudur sudah banyak tenda yang didirikan untuk perayaan suci dalam agama Buddha tersebut. Nantinya, di taman ini akan digunakan sebagai upacara puja umat Buddha yang dibagi dalam masing-masing Sangha sebelum peringatan detik-detik Waisak di Halaman Candi Agung Candi Borobudur.

"Saat ini sudah dimulai pemasangan tenda yang rencananya akan digunakan hingga puncak acara Dharmasanti Waisak pada tanggal 16 (Senin) malam," ujar GM Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto, saat ditemui pada Selasa (10/5/2022).

Selain menyiapkan tenda-tenda bagi Sangha, pengelola Taman Wisata Candi Borobudur juga bersolek dengan merapikan rumput-rumput yang ada di kompleks tersebut. Pembenahan sarana dan prasarana ini untuk menunjang rangkaian kegiatan Waisak yang dimulai pada hari Sabtu, 14 Mei 2022.

Nantinya pengelola Taman Wisata Candi Borobudur tetap akan membuka akses bagi wisatawan yang ingin melihat secara langsung detik-detik puncak perayaan Waisak. Acara Waisak sendiri nantinya akan dihadiri ribuan orang dan rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden Indonesia, KH Ma'ruf Amin.

Baca juga: Saksi Pelapor Benarkan Bahar Smith Sebar Berita Bohong

"Informasi yang kami dapatkan ada sekitar 2.000 orang yang akan mengikuti Perayaan Tri Suci Waisak. Nantinya wisatawan juga diperkenankan untuk bisa melihat langsung prosesi yang ada di Candi Borobudur selama tidak mengganggu umat dalam beribadah," tutur Aryono.

Perayaan Waisak selalu dilakukan untuk merayakan kelahiran, pencerahan dan kematian Sang Buddha, Siddharta Gautama. Pada tahun ini Waisak jatuh pada tanggal 16 Mei 2022. (Ren/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat