visitaaponce.com

Handsanitizer tidak Mempan Tangkal Hepatitis Akut Misterius

Handsanitizer tidak Mempan Tangkal Hepatitis Akut Misterius
Ilustrasi(Medcom.id)

ADENOVIRUS yang diduga menjadi penyebab dari penyakit hepatitis akut misterius tidak mempan dibasmi menggunakan handsanitizer berbasis alkohol. Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Pusat Organisasi Riset Kedokteran Preklinis dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Harimat Hendrawan. 

"Adenovirus cenderung bertahan lama pada permukaan dan alcohol based handsanitizer tidak bisa menghadapi adenovirus. Ini karena karakteristik adenovirus yang memiliki kapsid yang kebal terhadap alkohol," kata Harimat dalam webinar bertajuk Mengenal Hepatitis Akut Lebih Jauh yang dilaksanakan BRIN, Kamis (12/5). 

Baca juga: Tak Hanya Menginap, Kini Tamu Hotel Ingin Pengalaman Bermakna

Diketahui, kapsid merupakan lapisan berupa rangkaian kapsomer pada tubuh virus yang berfungsi sebagai pembungkus DNA atau RNA. Adapun, kapsid merupakan pembentuk tubuh dan pelindung bagi virus dari lingkungan luarnya. 

Untuk itu, Harimat menyatakan, cara pencegahan penyakit hepatitis akut misterius yakni dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih dan menjaga kebersihan lingkungan, makanan, serta menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit. 

"Kalau kita harus ubah pedoman, kita harus diskusikan lagi dengan Kemenkes. Tapi memang ini masih butuh penelitian yang lebih lanjut apakah memang handsanitizer benar tidak dapat membunuh adenovirus," imbuh dia. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat