visitaaponce.com

Kasus Harian Covid-19 di Atas 3.000, Satgas Ini Jadi Alarm

Kasus Harian Covid-19 di Atas 3.000, Satgas: Ini Jadi Alarm
Warga berolahraga dan berjalan kaki saat CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta.(MI/Usman Iskandar)

SATGAS Penanganan Covid-19 menegaskan bahwa lonjakan kasus covid-19 yang terjadi pada Selasa (12/7) lalu, menjadi alarm bagi masyarakat Indonesia.

Apalagi, sejumlah pakar mengingatkan urgensi terkait kewaspadaan terhadap risiko penularan covid-19, agar kasus tidak terus memburuk. 

Baca juga: Satgas Akui Laju Vaksinasi Booster Stagnan

“Seharusnya, kasus harian kita itu di bawah 1.000 ribu dalam sehari. Kalau kemarin itu, sudah melampaui 3.000 kasus. Itu alarm buat kita,” ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry saat dihubungi, Rabu (13/7).

Lebih lanjut, dia menyoroti positivity rate di Indonesia yang sudah di atas 5%. Sementara itu, bed occupancy rate di rumah sakit, sejauh ini masih di bawah 5%. Kendati demikian, angka positivity rate yang telah melampaui 5%, perlu dijadikan peringatan.

Baca juga: Beberapa Kondisi Kesehatan Dapat Dideteksi Melalui Pemeriksaan Rongga Mulut

“Itu indikator yang bisa menjadi acuan kita. Ini alarm yang seharusnya membuat kita lebih siaga. Melakukan upaya nyata, sehingga tidak terjadi lonjakan kasus (covid-19),” imbuhnya.

Sonny mengatakan sampai saat ini, pihaknya belum memiliki arah kebijakan untuk menaikkan level PPKM. Menurutnya, level PPKM berpotensi diubah, jika terjadi lonjakan kasus covid-19 yang signifikan.(OL-11)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat