visitaaponce.com

Memberikan Ruang bagi Perempuan

Memberikan Ruang bagi Perempuan
Produk tas kulit kayu Reymey Art(Dok. REYMAY ART)

MEMULAI bisnis kerajinan tangan di bawah nama Reymay Art sejak 2020, Serra Esterlin Ohee telah melihat perkembangannya. Ketika itu, ia masih mengerjakan semua produknya sendiri dibantu seorang saudaranya. Kini, Reymay Art sudah mampu mempekerjakan delapan orang di bagian produksi dan satu orang yang khusus mengurusi konten kreatif.

Menurut Serra, dengan hadirnya Reymay Art, setidaknya lebih banyak orang yang menjadi lebih sadar pentingnya mempromosikan budaya. Produk-produk Reymay Art, seperti tas jinjing dari kulit kayu hingga pouch, memang menyematkan seni lukis yang sudah menjadi tradisi di kampungnya, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Papua. Motif-motif lukisnya juga diadopsi dari motif beberapa suku yang ada di Sentani.

“Sekarang sudah ada delapan pekerja di bagian produksi. Kebanyakan memang perempuan. Jadi, Reymay Art secara tidak langsung juga turut membantu memberdayakan teman-teman perempuan di sini. Saya juga melihat kreativitas mereka yang punya nilai lebih. Jadi memang mereka punya potensi,” jelas Serra.

Menurut Serra, sudah banyak pelaku UMKM yang berkembang di Papua dan mendapat dukungan dari pemerintah, tetapi ada beberapa kendala yang masih dihadapi. Salah satunya menemukan pasar.

“Susah mencari pasar di luar Jayapura. Mungkin ini juga karena banyak teman di luar sana yang berpikir mengenai ongkos kirim dan lainnya. Di samping itu, banyak juga teman UMKM yang masih konvensional, rata-rata belum mengandalkan platform digital. Jadi ini bisa dilihat juga sebagai salah satu kendala untuk menemukan pasar,” ujarnya. (jek/M-4)

 

 

Biodata:

 

Reymay Art:

- Menjual berbagai produk kerajinan tangan berbahan kulit kayu. Memiliki kekhasan motif kesukuan yang ada di Sentani, Papua, sebagai motif lukisannya.

 

Berdiri: 2020

 

Pemilik: Serra Esterlin Ohee

 

Tempat, tanggal lahir: Sentani, 12 Januari 1998

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat