visitaaponce.com

Tanamkan Nilai Cinta Tanah Air ke Mahasiswa Baru, Untar Undang Komandan Marinir Jadi Narasumber

Tanamkan Nilai Cinta Tanah Air ke Mahasiswa Baru, Untar Undang Komandan Marinir Jadi Narasumber
Komandan Pasmar 1 Brighen Hermanto memberikan materi Mental Kebangsaan ke mahasiswa baru Untar(Dok. untar )

MENANAMKAN nilai-nilai cinta tanah air, kebhinekaan, persatuan dan bela negara kepada mahasiswa, Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar kegiatan Pra Pendidikan Tinggi bagi mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 di Gedung Olah Raga, Gedung P lt. 8 Kampus I Untar Jl. Letjen S. Parman No. 1, Jakarta Barat.

Tema yang diangkat dalam kegiatan itu adalah Untar untuk Indonesia: Penguatan Kapasitas Mahasiswa Untuk Mendukung Pembangunan Nasional. Kegiatan yang berlangsung pada10 hingga 12 Agustus 2022 itu menghadirkan narasumber berkompeten, salah satunya Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto. 

Brigjen Hermanto memberikan pembekalan kepada para mahasiswa baru Untar dengan Materi Mental Kebangsaan. 

Hermanto mengatakan Mental Kebangsaan dapat diartikan sebagai bentuk kesadaran dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu, dalam arti sederhana adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

“Mental Kebangsaan juga merupakan wujud ketangguhan bangsa Indonesia yang menjadi parameter kemampuan ketahanan nasional untuk menghadapi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri dalam proses pembangunan nasional,” tambah Hermanto.

Hermanto melanjutkan, dalam membangun mental kebangsaan, seseorang harus memahami pilar negara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kemudian menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menjaga persatuan dan kesatuan.

Baca juga : 10 Pergurian Tinggi Kristen Terbaik Versi Webometrics Juli 2022

“Pesan saya pada adik-adik sekalian teruslah belajar, belajar keras, belajar cerdas. kemudian jangan pernah berhenti belajar. Karena lelah berhentilah belajar, ketika apa yang kalian inginkan itu sudah tercapai. Itupun masih belum tuntas bahagiakan orang tua, hormati sayangi ibu, karena ibumu ibumu adalah kunci surga ingat itu, jangan pernah kecewakan ibumu. ketika kalian pernah mengecewakan Ibumu itu awal dari sebuah kehancuran jangan ini pesan moral,” kata Hermanto.

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan dipilihnya narasumber dari kalangan militer, agar mahasiswa dapat menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan memiliki jiwa patriotisme terhadap bangsa dan negara. 

“Kita sekarang ini sedang membentuk mental kebangsaannya cinta tanah air dan disiplin. Salah satu yang bisa kita rujuk adalah TNI-Polri untuk bisa memberikan penguatan. Bagaimana cinta tanah air, bagaimana strategi menghadapi situasi yang mungkin tidak enak di dalam pergaulan di tanah air maupun luar negeri. TNI-Polri memiliki pengalaman yang luar biasa yang kemudian bisa ditularkan kepada para mahasiswa sehingga para mahasiswa mengetahui bahwa ancaman itu tidak hanya perang tetapi ancaman-ancaman yang lain.” ujar Agustinus. 

Agustinus berpesan kepada mahasiswa baru Untar agar dapat memberikan rasa bangga kepada kedua orangtua. Kesempatan yang diberikan kepada kedua orang tua, harus dibuktikan dengan capaian yang positif selama menuntut ilmu di Untar.

“Kami berharap kesempatan yang diberikan oleh orang tua, oleh keluarga untuk studi lanjut di Universitas Tarumanagara, harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Ini h kesempatannya untuk menggali ilmu pengetahuan, belajar berorganisasi, menghasilkan prestasi untuk persiapan masa depan, karena dengan persiapan yang lebih kuat lebih hebat untuk mereka menjadi orang-orang,” ujar Agustinus.

Untuk tahun ajaran 2022-2023, Untar sukses menjaring lebih dari 3.5000 mahasiswa. Para mahasiswa tersebut tersebar di delapan fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. (RO/OL-7) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat