visitaaponce.com

Badan POM akan Dorong Izin Vaksin Cacar Monyet

Badan POM akan Dorong Izin Vaksin Cacar Monyet
Ilustrasi vaksin(ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Penny Kusumastuti Lukito menyatakan pihaknya sangat proaktif untuk memproses vaksin cacar monyet atau monkeypox. Dirinya berharap produsen vaksin monkeypox bisa segera memberikan data yang lengkap untuk uji di Badan POM.

"Bahkan kita proaktif untuk menghubungi produsennya untuk segera bisa memberikan data-data sehingga proses registrasi bisa segera dimulai. Tentunya juga dibutuhkan komunikasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan," kata Penny di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, Jumat (26/8).

Vaksin monkeypox sudah mendapatkan izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari berbagai negara. Penny mengatakan EUA ini dikeluarkan dari berbagai negara yang izin edar obat/vaksin sangat ketat sehingga prosesnya bisa cepat.

"Yang kami butuhkan adalah sesegera mungkin mendapatkan data-data terkait dengan vaksin monkeypox ini dari produsen," ucapnya.

Baca juga:  Satgas Monkeypox IDI Susun Rekomendasi Pemberian Vaksin Cacar Monyet

Vaksin ini merupakan vaksin smallpox (cacar) tapi diperluas dalam hal penggunaannya untuk vaksin monkeypox.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan akan menyiapkan 10 ribu dosis vaksin cacar monyet di Indonesia. Namun, vaksin itu belum akan digunakan untuk vaksinasi massal karena ada rekomendasi dari World Health Organization (WHO) mengenai vaksinasi massal untuk cacar monyet.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat