visitaaponce.com

Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 6 Tahun Sedang Diproses BPOM

Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 6 Tahun Sedang Diproses BPOM
Ilustrasi vaksinasi pada anak-anak(ANTARA FOTO/Nyoman Hendra W)

JURU bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmmito mengatakan pelaksanaan vaksinasi untuk anak di bawah usia 6 tahun masih menunggu persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Saat ini, sedang dalam tahap melengkapi data.

"Sedang diproses kelengkapan datanya untuk mendapatkan persetujuan dari Badan POM," kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (26/8).

Wiku menyebut pemberian vaksin covid-19 untuk anak usia di bawah 6 tahun akan dilakukan jika BPOM telah mengeluarkan emergency use authorization (EUA) atau persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat. Sehingga, saat ini pemerintah belum menyedikan vaksin untuk kalangan tersebut.

Kendati demikian, Wiku memastikan pihaknya mendukung upaya perlindungan untuk semua kalangan masyarakat. Termasuk untuk usia di bawah 6 tahun.

Baca juga:  BPOM: Vaksin Inavac dan Indovac Masih Proses Uji Klinis Tahap 3

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera menyiapkan vaksinasi covid-19 untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti rapat terbatas evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Selasa (23/8).

"Akan kita berikan vaksinasi agar bisa meningkatkan dan mempersiapkan serta memperbaiki kadar imunitas masyarakat di populasi tersebut, insyaAllah kalau ada varian baru, ya mudah-mudahan tidak. Tapi kalau nanti ada varian baru di bulan Januari-Februari-Maret imunitas populasi masyarakat Indonesia tetap tinggi," terang Budi.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat