visitaaponce.com

Lelah Hadapi Pandemi Mulailah Menyenangkan Diri Sendiri

Lelah Hadapi Pandemi? Mulailah Menyenangkan Diri Sendiri
Ilustrasi(123rf)

KELELAHAN menghadapi pandemi atau pandemic fatigue menjadi salah satu penyebab longgarnya protokol kesehatan di masa covid-19. Hal itu merupakan fenomena yang wajar, namun harus dicegah sebelum berlanjut menjadi sikap incivility atau hanya mempedulikan diri sendiri.

Ketua Lab Intervensi Sosial & Krisis FPsi Universitas Indonesia (UI) Dianti Endang Kusumawardhani mengatakan, pandemic fatigue adalah kelelahan akibat pandemi yang sudah lama terjadi. Banyak orang yang lelah menghadapi pandemi yang sudah 3 tahun lamanya sehingga membuat banyak orang lengah dengan protokol kesehatan dan memilih melepas masker.

"Ini kita bisa lihat dari masa stres, cemas, dan wa-was di masa pandemi merupakan suatu keadaan yang tidak menyenangkan sehari-hari," kata dia dalam Bincang Covid-19: Pandemic Fatigue, Kamis (15/9).

Jika pandemi ini terus menerus akan berdampak pada individu di masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti halnya individu tersebut sudah mulai lelah dengan pandemi maka muncul rasa incivility atau hanya pedulikan diri sendiri.

"Hati-hati karena bisa mendorong kita pada incivility yang tidak lagi memperdulikan orang lain. Sudah 3 tahun menghadapi pandemi dengan prokes sehari-hari lalu merasa lelah akhirnya relaksasi tapi tidak patuh dengan prokes," ujar Dianti.

Hal-hal yang bisa mengatasi pandemic fatigue ini adalah melakukan hal-hal yang bisa menyenangkan diri sendiri. Namun tetap harus memperhatikan aturan yang ada.

"Kita bisa spend time menggunakan waktu kita yang bisa menyembuhkan kita dari kelelahan. Mulai dari renang, jogging, sepeda, dan sebagainya," pungkasnya. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat