visitaaponce.com

Pusat Karir Untidar Jembatani Pencari Kerja dan Perusahaan

Pusat Karir Untidar Jembatani Pencari Kerja dan Perusahaan
Salah satu mahasiswa sedang konsultasi di Job Fair dan Pameran UMKM 2022 di Gedung dr. H. Suparsono UNTIDAR, Selasa (25/10/2022)(MI/Tosiani)

SETELAH tertunda lantaran Pandemi Covid-18, Pusat Karir (Universitas Tidar) UNTIDAR Magelang, Jawa Tengah, akhirnya menggelar kegiatan Job Fair dan Pameran UMKM 2022 di Gedung dr. H. Suparsono UNTIDAR.

Kegiatan ini diikuti 11 perusahan yaitu FIF Group, Tembus Jaya, CV. Lidah Buaya, Bank Raya, Grand Artos Mall, Grand Artos Hotel, PT Sumberdaya Dian Mandiri, Phillip Sekuritas Indonesia, PT Armada Hada Graha, PT Micro Madani Institusi (PNM Mekar), dan GRAB. Job Fair juga dimeriahkan pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Pusat Karir UNTIDAR adalah unit kerja yang berfokus pada penyediaan pelatihan, pembekalan dan penyediaan fasilitas dalam mempermudah mahasiswa/lulusan UNTIDAR dalam mencari atau menciptakan peluang kerja. Pusat Karir diharapkan dapat menjadi jembatan atau perantara bagi mahasiswa sebagai calon pencari kerja dengan perusahaan atau pihak luar yang sedang mencari karyawan.

Ketua Pelaksana yang juga Koordinator Pusat Karir UNTIDAR, Liana Shinta Dewi, S.S., M.A. menyampaikan, kegiatan ini bertujuan agar kampus bisa semakin dekat dengan dunia industri.

"Karena baru kali pertama diadakan, tentu tak lepas dari kekurangan. Kedepan Job Fair akan diadakan secara rutin, insyaallah dengan kemasan yang jauh lebih baik," kata Liana, Selasa (25/10).

Job Fair dan Pameran UMKM 2022 dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. Ia mengatakan, salah satu target yang ingin dicapai oleh perguruan tinggi adalah bisa menghasilkan output terbaik yang bisa bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Melalui Job Fair bisa terlihat apakah lulusan UNTIDAR sudah seperti yang diharapkan.

"Kita rencanakan Job Fair tidak hanya 1 kali dalam setahun, kalau bisa satu tahun 3 kali kita adakan," kata Prof. Sugiyarto.

Ia berpendapat, dunia terus berubah, sehingga perguruan tinggi juga harus berbenah, demikian juga Pusat Karir harus semakin establish. Program kerja yang dilakukan tidak hanya mempersiapkan calon wisudawan saat mau diwisuda, melainkan harus dimulai sejak penerimaan mahasiswa baru.

Dikatakan, mahasiswa harus sejak awal dibentuk karakter kemandiriannya, dibina sesuai kompetensinya, baik hardskill maupun softskill. Sesuai perkembangan zaman, kemampuan digitalisasi juga harus dikembangkan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berpesan agar Pusat Karir harus optimal sejak awal, sudah tahu bagaimana mengarahkan mahasiswa, agar produk lulusan UNTIDAR benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga mengingatkan pentingnya perkuliahan melibatkan pihak industri. Praktisi mengajar harus digalakkan, demikian juga program magang, agar sejak awal mahasiswa memiliki gambaran yang jelas mengenai dunia kerja. (OL-13)

Baca Juga: Cerita Malin Kundang, Kisah Si Anak Durhaka

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat