visitaaponce.com

Peneliti Untidar Ciptakan Prototipe Coil untuk Cegah Pendarahan Otak

Peneliti Untidar Ciptakan Prototipe Coil untuk Cegah Pendarahan Otak
Peneliti Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah, Dr. Suyitno, berhasil menciptakan Prototipe Coil untuk mencegah pendarahan di otak(dok.untidar)

PENELITI Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang, Jawa Tengah, Dr. Suyitno, berhasil menciptakan Prototipe Coil yang dapat digunakan untuk mencegah pendarahan otak.

Otak bersama saraf tulang belakang berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat. Saat otak mengalami pendarahan, pasti akan mempengaruhi seluruh tubuh manusia.

Coiling adalah metode yang digunakan untuk menangani kasus aneurisma. Aneurisma otak adalah penonjolan atau pe mbengkakan pada arteri di otak. Aneurisma yang menonjol menekan saraf atau jaringan otak.

Membengkaknya bagian pembuluh darah mengakibatkan resiko pecahnya pembuluh darah ke jaringan di sekitarnya yang disebut pendarahan. Aneurisma yang pecah dapat menyebabkan stroke hemorrhagic, kerusakan otak, sakit kepala yang hebat, koma, dan bahkan kematian.

Tim peneliti ini berhasil mengidentifikasi proses, bahan dan instrument untuk coil dan pemasangan coil. Bahkan telah dihasilkan prototipe coil dengan material paduan Platinum-Tungsten oleh Dr. Suyitno, yang merupakan Dosen Program Studi S1 Teknik Mesin Universitas Tidar.

"Paduan Platinum-Tungsten merupakan material yang memenuhi persyaratan untuk Coil. Pengembangan material dilakukan di ITS Surabaya, sedangkan pengujian material dikerjakan Departemen Teknik Mesin SV-UGM," jelasSuyitno. (OL-13)

Baca Juga: KPH Notonegoro: Kalau Indonesia Mau Maju Jangan Malu Budaya Sendiri

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat