visitaaponce.com

Kemenkes Mayoritas Pasien Gangguan Ginjal Akut Sudah Stadium 3

Kemenkes: Mayoritas Pasien Gangguan Ginjal Akut Sudah Stadium 3
Petugas melakukan sidak terhadap penjualan obat sirop di tengah kasus gangguan ginjal akut.(Antara)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan dari total 269 kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) yang menyerang anak, sebanyak 61% kasus kondisinya sudah stadium 3.

"Stadium 3 terjadinya anuria, tidak keluar urine sama sekali. Ginjalnya betul-betul gagal untuk melakukan metabolisme," jelas Juru Bicara Kemenkes M. Syahril dalam konferensi pers virtual, Kamis (27/10).

Lalu, pasien dengan kondisi stadium 2 sekitar 7%, stadium 1 sekitar 11% dan yang belum teridentifikasi sekitar 20%. Adapun gejala GGAPA yang khas ialah gangguan buang air kecil (BAK) pada balita, seperti oliguria dan anuria. 

Baca juga: Usut Kasus Gangguan Ginjal Anak, Polri Bentuk Tim Investigasi

Dalam hal ini, oliguria merupakan kondisi terjadinya penurunan frekuensi BAK, termasuk volume. Sebagai contoh, biasanya anak BAK 10 kali, lalu setelah terkena gangguan ginjal akut hanya BAK 5-4 kali.

"Ini salah satu tanda-tanda khas dari gejala tersebut. Kalau dia sama sekali tidak buang air kecil, itu disebut dengan anuria. Berarti sudah stadium 3 atau stadium berat," imbuh Syahril.

Baca juga: Badan POM: Kami Masih Mencari Kausalitas Gangguan Ginjal Akut pada Anak

Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 143 kasus gangguan ginjal akut atau 53% mengalami kondisi anuria. Kemudian, 58 kasus atau 22% mengalami oliguria dan 68 kasus atau 25% tidak mengalami kedua gejala tersebut.

Gejala awal disebut dengan gejala prodormal. Seperti, demam, nafsu makan turun, tidak bergairah, diare, mual dan gangguan saluran pernapasan yang biasanya terjadi 1-5 hari. Lalu, diikuti dengan gejala berikutnya karena sudah akut dan progresif.

Diketahui, hingga saat ini, kasus gangguan ginjal akut sudah menyasar 269 anak. Rinciannya, 73 kasus menjalani perawat, 157 kasus berujung kematian dan 39 kasus dinyatakan sembuh.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat