visitaaponce.com

Menkominfo Suksesi KTT G20 Tanggung Jawab Semua

Menkominfo: Suksesi KTT G20 Tanggung Jawab Semua
Wisatawan mengunjungi area Garuda Wisnu Kencana di Badung, Bali, jelang KTT G20.(Antara)

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate menerangkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 merupakan kebanggaan, sekaligus tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. 

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari perhelatan itu, termasuk kontribusi Indonesia dalam memulihkan perekonomian dunia.

"Suksesi KTT G20 merupakan tanggung jawab bersama seluruh rakyat Indonesia. Masing-masing memiliki peran untuk berkontribusi mensukseskannya," ujar Johnny saat dihubungi, Minggu (6/11).

Baca juga: Jokowi akan Berkunjung ke KTT Asean Sebelum Hadiri G20

Menurutnya, masyarakat Indonesia, terutama yang berada di Bali, harus mentaati protokol kesehatan dan bersama-sama menjaga keamanan. Sebab, kehormatan Indonesia dipertaruhkan dalam perhelatan internasional tersebut.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga akan memperoleh manfaat yang luar biasa dari KTT G20. Seperti, peningkatan kunjungan wisatawan dan okupansi penginapan, hingga dampak ekonomi lainnya. 

"Juga bagaimana G20 dapat memberikan manfaat kepada dunia, dengan memastikannya dapat melahirkan solusi pemulihan ekonomi. Bagaimana menghadapi resesi dan krisis," pungkasnya.

Baca juga: Selama KTT G20 di Bali, Kemenhub Berlakukan Ganjil Genap

Adapun persiapan KTT G20 dari aspek teknis, logistik, hingga substansi, hampir rampung dengan persentase mencapai 98%. Termasuk, jaringan komunikasi, akses energi dan tempat parkir pesawat, sudah dipersiapkan secara matang.

"Kita juga sudah melibatkan BMKG dan BNPB untuk mitigasi potensi dan evakuasi jika terjadi sesuatu. Pengaturan lalu lintas sudah di-mapping pihak kepolisian, begitu juga keamanan yang melibatkan TNI," tutur Johnny.

Lalu, beberapa hal teknis yang akan menyempurnakan persiapan KTT G20, seperti venue media center, baru akan disediakan pada 10 November mendatang.(OL-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat