visitaaponce.com

Seberapa Sehatkah Mental Kamu Saatnya Tes Kondisi Jiwamu

Seberapa Sehatkah Mental Kamu? Saatnya Tes Kondisi Jiwamu
Hoshael Waluyo Erlan, Psikolog & Mental Health Expert, yang bekerja sama dengan Positive Vibes.(Ist)

RISET Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional. Lebih dari 12 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami depresi.

Sistem Registrasi Sampel yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada tahun 2016, diperoleh data bunuh diri per tahun sebanyak 1.800 orang.

Artinya, setiap hari ada 5 orang melakukan bunuh diri.Sebanyak 47,7% korban bunuh diri berusia 10-39 tahun – rentang usia anak remaja dan usia produktif.

“Berkat edukasi yang berkelanjutan dan banyaknya influencer yang menggaungkan, remaja zaman sekarang jadi lebih aktif mengulik dan menganalisa kesehatan mentalnya," ucap Hoshael Waluyo Erlan, Psikolog & Mental Health Expert, yang bekerja sama dengan Positive Vibes.

Dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/11), Hoshael menjelaskan,"Sayangnya, inisiatif ini kadang berujung pada self-diagnosis. Masih ada rasa tabu untuk membicarakan gangguan mental yang dirasakan ke ahlinya."

Baca juga: Lima Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Gen Z

"Padahal, diagnosa wajib ditegakkan oleh ahlinya karena sembarangan self-diagnosis dapat mencetuskan keputusan yang keliru,” ucap Hoshael Waluyo Erlan, Psikolog & Mental Health Expert, yang bekerja sama dengan Positive Vibes.

 Hal inilah yang mendorong Dailybox dan Positive Vibes untuk berkolaborasi membuka ruang diskusi kesehatan mental dengan pakar ahli.

Berdiri pada 2015, Positive Vibes memiliki misi untuk menciptakan lingkungan komunitas yang lebih positif di media sosial.

Organisasi ini kerap memberikan edukasi dan menyuarakan tentang perilaku positif, termasuk dalam menyikapi kesejahteraan mental.

Dailybox dan Positive Vibes mempersembahkan #SelaluAdaRasadiSetiapKata – sebuah kampanye untuk menormalisasi diskusi seputar kesehatan mental yang akan diadakan pada 12 November 2022, mulai pukul 13.00, di Multifunction Hall Gedung Sarinah Thamrin.

Selama kampanye berlangsung, pengunjung dan para pelanggan Dailybox dapat mengikuti tes gratis untuk mengetahui seberapa sehatkah dirinya secara mental. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat