visitaaponce.com

Sumber Vitamin B yang Tinggi dari Sayur dan Buah

Sumber Vitamin B yang Tinggi dari Sayur dan Buah
Petani hidroponik Rina Tri Wahyuni memanen tanaman bayam brasil di Azalea Farm, Kebonbimo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022).(Antara/Aloysius Jarot Nugroho.)

VITAMIN B merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Melansir dari laman halodoc, berbagai jenis dari vitamin B sangat bermanfaat bagi kesehatan pada tubuh.

Berbagai manfaat dari vitamin B. Lebih detail, vitamin B1 untuk mendukung kesehatan saraf dan sumber energi, vitamin B2 untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, vitamin B3 bisa memastikan kinerja sistem saraf, vitamin B5 untuk pertumbuhan dan produksi hormon, vitamin B6 untuk menjaga metabolisme, vitamin B7 berfungsi sebagai pemecah lemak dan karbohidrat, vitamin B9 untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan, dan vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah.

Faktanya, vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang mengandung efek kesehatan yang variatif dan baik. Oleh karena itu, konsumsi vitamin B cukup tinggi pada manusia. Anda tidak perlu memperoleh vitamin B dari pil atau obat obatan, tetapi juga dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur. 

Sumber vitamin B dari sayur

Sayuran menjadi salah satu sumber dari vitamin B. Berbagai jenis sayur yang umum dikonsumsi dapat menjadi salah satu sumber dari vitamin B. Misalnya, bayam merupakan salah satu sumber vitamin B. Dalam 85 gram bayam mentah, terdapat 41% RDI vitamin dan dalam bayam yang sudah masak terdapat 31% RDI.

Bukan hanya bayam, berbagai jenis sayuran seperti collard juga mengandung vitamin B. Dalam 85 gram sayuran collard mengandung 20% RDI vitamin B9.

Berbagai sayuran hijau lain seperti lobak juga menjadi salah satu sumber vitamin B. Dalam 85 gram sayur lobak, terdapat setidaknya 25% RDI.

Sumber vitamin B dari buah

Berbagai jenis buah juga mengandung Vitamin B. Buah-buahan seperti jeruk limau gedang yang mengandung vitamin B2, nanas yang mengandung vitamin B1, persik yang mengandung vitamin B3, jeruk yang mengandung vitamin B5, semangka yang mengandung vitamin B6, melon yang mengandung vitamin B kompleks. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat