visitaaponce.com

Yuk, Kenali Penyebab dan Gejala Pneumonia

Yuk, Kenali Penyebab dan Gejala Pneumonia
paru-paru(Ilustrasi)

PARU-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Paru-paru membantu proses respirasi yang membantu aktivitas tubuh dapat berlangsung. Maka, menjaga kesehatan paru paru adalah hal yang harus untuk dilakukan. Salah satu penyakit paling umum pada paru-paru adalah pneumonia. Berikut adalah penjelasan mengenai pneumonia.

Pengertian Pneumonia

Pneumonia adalah kondisi paru-paru mengalami infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara pada sebuah atau kedua paru-paru. Hal ini menyebabkan dipenuhi cairan atau nanah, yang membuat pengidap menjadi kesusahan untuk bernapas. Kondisi ini juga yang sering dikenal dengan istilah paru-paru basah. 

Pneumonia menyebabkan pengidap memiliki gejala seperti batuk berdahak, demam dan sesak napas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat pada tahun 2019, 740 ribu anak anak meninggal dunia akibat dari pneumonia.

Penyebab Pneumonia

Pada umumnya, pneumonia disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Beberapa virus yang umum menyebabkan pneumonia adalah virus influenza, respiratory syncytial virus (RSV), dan SARS-CoV-2. Sementara jenis bakteri yang umum menyebabkan pneumonia adalah Streptococcus pneumonia.

Gejala Pneumonia

Pneumonia umumnya memiliki gejala yang sama, yaitu masalah pada paru-paru yang menyebabkan kondisi seperti batuk berdahak dan sesak nafas. Namun, terdapat beberapa gejala lainnya dari pneumonia yang dapat terjadi pada tubuh, yaitu:

1. Demam tinggi, suhu tubuh mencapai lebih dari 38 derajat Celcius
2. Dada terasa sakit dan sulit bernapas
3. Penurunan nafsu makan
4. Berkeringat
5. Menggigil
6. Detak jantung terasa cepat
 
Selain gejala umum, ada juga gejala pneumonia lainnya yang cukup jarang terjadi namun bisa muncul sebagai gejala penyerta dari pneumonia adalah:

1. Batuk disertai darah
2. Nyeri sendi dan otot
3. Lemas dan lelah
4. Kepala sakit
5. Mual dan muntah
(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat