visitaaponce.com

30 Anak belum DivaksinPolio, Epidemiolog Status KLB belum Bisa Dicabut

30% Anak belum Divaksin Polio, Epidemiolog: Status KLB belum Bisa Dicabut
Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin polio sebelum diberikan kepada balita.(Antara)

EPIDEMIOLOG Universitas Indonesia (UI) Masdalina Pane menilai status Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kabupaten Pidie, Aceh, dapat dicabut jika sudah tidak ada lagi kasus polio di daerah tersebut.

"Status KLB dicabut jika tidak ditemukan kembali kasus positif polio selama beberapa waktu," ujar Masdalina saat dihubungi, Senin (5/12).

Ditemukan satu kasus positif konfirmasi polio, maka langsung bisa ditetapkan sebagai KLB. Cara menghentikan KLB jika seluruh prosedur pengendalian sudah dilakukan. Seperti, Sub Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) 2 putaran.

Baca juga: Fenomena Gunung Es Polio akibat Cakupan Imunisasi Turun

Lalu, pemeriksaan air apakah mengandung polio atau tidak, kemudian dilakukan surveilans Acute Flaccid Paralysis (AFP) atau lumpuh layu. Pemerintah setempat melakukan surveilans terhadap pasien lumpuh layu minimal 2 kasus dari 100 ribu penduduk.

Kemudian, setiap pasien AFP yang di bawah 15 tahun diperiksa tinja. Jika hasil dari pemeriksaan tersebut lumpuh layu, bukan disebabkan polio, sehingga bisa sudah dikatakan aman dari satu sisi.

"Sehingga eradikasi bukan hanya penyakit yang dihilangkan, tapi juga virus penyebabnya. Tanda virus sudah hilang jika sudah tidak ditemukan kasus lagi. Termasuk di lingkungan dan pasien AFP, " imbuh Masdalina. 

Baca juga: Gejala Polio dan Cara Pencegahannya

SUB PIN polio di Kabupaten Pidie masih dilakukan. Hingga hari ke-5 SUB PIN Polio (3/12), sebanyak 62.207 anak sudah diimunisasi. Sehingga, tersisa 29.277 anak atau 30% yang belum diimunisasi dari 91.484 anak.

Pj Bupati Kabupaten Pidie Wahyudi Adi Siswanto menyatakan optimismenya terkait target capaian riil 91.484 anak mendapat imunisasi polio, yang dalam 1-3 hari ini bisa dituntaskan.

"Alhamdulillah hingga hari kelima imunisasi polio di Kabupaten Pidie, telah berhasil menyasar 62.207 anak, sehingga tersisa 29.277 anak lagi yang mesti diimunisasi polio," jelas Wahyudi.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat