visitaaponce.com

Dikti-Ristek Minta Unja Tuntaskan Kasus Kekerasan Terhadap Difabel

Dikti-Ristek Minta Unja Tuntaskan Kasus Kekerasan Terhadap Difabel
Ilustrasi kekerasan(MI)

KASUS kekerasan di lingkungan kampus memang belum ada ujungnya. Terbaru, kekerasan dilakukan oleh dosen terhadap mahasiswa disabilitas di Universitas Jambi (Unja).

Plt. Dirjen Dikti-Ristek Prof. Nizam mengatakan pihaknya sudah meminta pimpinan perguruan tinggi tersebut untuk segera menyelesaikan persoalan itu. Bahkan, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud-Ristek juga ikut mengawasi agar kasus tersebut benar-benar diselesaikan dengan baik.

"Kami sudah memberi arahan pada pimpinan Unja untuk segera menangani kasus tersebut dan minta Inspektorat Jenderal untuk memantau dan mendalami masalahnya," ujarnya kepada Media Indonesia, Senin (26/12).

Menurut Nizam, setiap persoalan di perguruan tinggi harus diselesaikan per kasus. Artinya, kasus kekerasan terhadap disabilitas berbeda dengan kasus kekerasan seksual yang saat ini dibentuk Satgas PPKS di setiap kampus.

Baca juga: UIN IB Padang Bentuk Tim Pencari Fakta Dugaan Kekerasan Seksual

Meski demikian, ucap Nizam, Satgas juga bisa diarahkan untuk membantu penyelesaian kasus tersebut. Paling tidak perguruan tinggi bisa merespons secara cepat dan tepat. Sehingga lingkungan kampus menjadi tempat yang aman bagi semua orang.

"Sebetulnya tidak merupakan fokus Satgas PPKS, tapi Satgas dapat membantu untuk menangani masalah seperti ini. Kalau belum ada unit yang menangani dapat ditangani oleh tim etik di perguruan tinggi," tuturnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat