visitaaponce.com

Festival Kopi Nusantara Resmi Ditutup

FESTIVAL Kopi Nusantara 2023 resmi ditutup, Jumat (3/2). Agenda tahunan yang diselenggarakan dalam rangkaian HUT Media Indonesia tersebut telah berjalan selama tiga hari sejak Rabu (1/2) kemarin, di Kompleks Media Group Network, Jakarta Barat.

Setelah dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Festival Kopi Nusantara ditutup oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya karena momen ini dilakukan secara terus-menerus oleh Media Indonesia.

"Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab untuk bagaimana mempertemukan, mengetes rasa, dari produsen kopi, petani kopi, dan para konsumen untuk bagaimana caranya agar kualitas kopinya naik terus," katanya di Komplek Media Group, kemarin.

Sebelum menutup festival, Bahlil sempat berkeliling mencicipi kopi dari berbagai tenant yang ada. "Tadi saya diajak oleh Bang Gaudensius untuk ke setiap stan saya minum kopi. Minum kopi papua, bengkulu, lombok, yang terakhir aceh," katanya.

"Saya tahu campuran kopi aceh pasti mempunyai spesial berbeda dibandingkan kopi lain. Dia mempunyai bahan fermentasi lain. Jangan terlalu minum banyak, bahaya (tertawa)," imbuh Bahlil.

Dulu, katanya, kopi mayoritas dinikmati oleh kalangan tua. Namun sekarang hal ini sudah menjadi tren di semua kalangan, termasuk anak muda.

"Dan kopi ini hitam, tapi tidak semua orang hitam itu tidak enak. Tidak semua hitam itu kotor, dan tidak semua orang hitam ini tidak gagah. Buktinya, baik hitam maupun putih, baik pendek maupun tinggi, semua minum kopi," katanya.

Baca juga: Hasil Serosurvei, 99% Rakyat Indonesia Punya Antibodi Covid-19

"Ini menunjukkan kopi itu adalah minuman pemersatu bagi seluruh kalangan yang ada di Nusantara. Saya doakan kopi terus tetap jaya dan negara kita salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Saya minta untuk bagaimana caranya kita bisa melestarikan dan bisa mengembangkan secara besar lagi," imbuh Bahlil.

Hari terakhir festival juga mengumumkan pemenang sejumlah lomba yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-53 Media Indonesia. Lomba-lomba tersebut antara lain TikTok Competition, Business Idea Competition, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Foto Kopi Nusantara, hingga sejumlah kompetisi kopi dari roasting hingga manual brew.

Festival Kopi Nusantara merupakan tradisi HUT Media Indonesia sejak 2018. Acara ini merupakan wujud dari upaya mengembangkan generasi muda untuk lebih berinovasi dan berkreasi.

Festival ini menghadirkan sejumlah rangkaian acara, seperti pameran produk kopi dan jajanan nusantara, live streaming talkshow, launching buku Jurnal Kopi Nusantara, hingga hiburan dan pertunjukan musik.

Puluhan tenant dari berbagai UMKM kopi nusantara dan internasional pun sukses meramaikan acara tersebut.

Hari terakhir event ini juga mengahdirkan kuliah umum yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan tema Kondisi Ekonomi dan Fiskal di Tahun Politik dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dengan tema 'Menggenjot Investasi di Tahun Sulit'. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat