visitaaponce.com

Culinary Wedding Festival 2023 Digelar denganUsung Tema Nusantara

Culinary Wedding Festival 2023 Digelar dengan Usung Tema Nusantara
Culinary Wedding Festival 2023 digelar 3-5 Februari di Gedung Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII)(ANTARA/Suci Nurhaliza)

PELAKSANAAN Culinary Wedding Festival 2023 kembali digelar sekaligus bertujuan untuk memperlihatkan wajah baru TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Culinary Wedding Festival 2023 juga menjadi tolak ukur bangkitnya gairah industri pernikahan di Indonesia pasca-pandemi Covid-19. 

Sejalan dengan konsep TMII sebagai etalase budaya Indonesia, maka Sasana Kriya sebagai penyelengara dan venue yang berlokasi di TMII dalam Culinary Wedding Festival 2023 ini, mengusung tema “Nusantara dalam Industri Pernikahan”.

Baca juga : PPJI Wedding Expo 2023 akan Dimeriahkan 31 Vendor

Culinary Wedding Festival ini dibuka dengan pencapaian meraih Rekor MURI untuk yang kedua kalinya dengan mencatatkan perhelatan yang spektakuler dan luar biasa yang memperkenalkan ragam seni dan budaya di Indonesia.

Ragam tersebut berupa memasak aneka sop khas daerah Nusantara terbanyak dengan partisipasi dari para peserta katering dan anjungan anjungan TMII.

Pada tahun 2017 lalu. penyelengara Culinary Wedding Festival juga menorehkan sejarah dalam penyajian makanan dengan Rijstaffel dari daerah terbanyak .

Baca juga : IDWF 2023 Beri Grand Prize Mobil untuk Calon Pengantin Beruntung

Berkolaborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Culinary Wedding Festival 2023 diikuti peserta dari venue,  katering, dekorasi, musik, busana, tata rias, dan wedding organizer.

Para peserta festival turut mengembangkan karya karya kreatif dan perajin di wilayah Jakarta. Culinary Wedding Festival 2023 juga diharapkan tutut mendukung industri pariwista.

Culinary Wedding Festival 2023 juga didukung Dewan Kerajinan Nasional Daerah Propinsi DKI Jakarta (Dekranasda) DKI Jakarta dengan membuka booth di pameran.

Baca juga : Plataran Menteng Menutup Kegiatan 'Truly Timeless Plataran Wedding Roadshow 2022'

Kehadiran booth Dekranasda) DKI Jakarta memudahkan pengunjung melihat hasil kerajinan yang dapat gunakan untuk  pernikahan calon pengantin nantinya.

Tak hanya itu, Abang None Jakarta turut memperagakan tampilan busana pengantin Nusantara klasik dari Zainal Songket.Sedangkan busana Nusantara modern dihadirkan oleh Redberry.

Pergelaran kekayaan Wastra Nusantara yang berarti kain yang tidak dibuat dengan mesin dan tersebar di seluruh Nusantara turut menyemarakkan Culinary Wedding Festival 2023

Baca juga : Pakar Keuangan: Gunakan Budget dari Kantong Sendiri untuk Wujudkan Pernikahan

Beberapa tarian Nusantara juga ditampilkan yang biasa digunakan untuk prosesi pernikahan adat daerah seperti dari Jakarta ada Palang Pintu dan tari topeng.

Dari Jawa Tengah dengan menghadirkan tari Bedoyo Setyo Bumi, sedangkan tarian tradisional Kalimantan Timur yang ditampilkan adalah Enggang Hudog.

Enggang Hudog sebagai ungkapan rasa syukur atas terlaksana acara ini dan untuk menyambut tamu-tamu yang hadir di Sasana Kriya TMII .

Baca juga : Sponsori Bridestory Market 2024, Danamon Bantu Nasabah Wujudkan Pernikahan

Suasana Nusantara sangat melekat mulai memasuki lobi Sasana Kriya yang dimanjakan dengan musik-musik tradisional.

Kesamarakkan terlihat dengan dekorasi yang bertema seni kriya Nusantara dapat dilihat dari lorong Nusantara yang disajikan Rumah Kampung Dekor.

Culinary Wedding Festival 2023 juga akan membuat tren baru yang kekinian bekerja sama dengan platform order online dari Bank Mandiri yaitu Yokkebiz.

Baca juga : Tema Pernikahan 'Floral Wonders' akan Jadi Pilihan Favorit Tahun 2024

Melalui aplikasi tersebut, para calon pengantin bisa memesan menu makanan secara online terlebih dahulu dari mana saja.

Saat memasuki area pameran akan langsung dilayani oleh penyelenggara untuk mencicipi menu makanan yang sudah dipesan melalui online tadi.

“Dengan diadakannya Culinary Wedding Festival yang berlangsung mulai 3 Februari sampai 5 Febuari 2023 di Sasana kriya TMII ini dapat menumbuhkan kembali industri dunia pernikahan yang sempat turun dalam 2 tahun terakhir," kata Ivone Susiana, Direktur Utama dan pelaksana acara Culinary Wedding Festival 2023.

"Culinary Wedding Festival 2023 menunjukan wajah baru dari Taman Mini Indonesia Indah. Mudah-mudahan acara ini juga dapat membawa dampak positif untuk bangkit dan maju bersama bagi para vendor, para pelaku ekonomi kreatif dari hilir ke hulu," jelasnya.

"Culinary Wedding Festival 2023 bisa memudahkan pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan ke depannya. untuk informasi lebih lanjut mengenai sasana kriya dapat lihat www.sasanakriya.id.” tutur Ivone. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat