visitaaponce.com

DPR Minta Garuda Turunkan Harga Tiket untuk Jemaah Haji 2023

DPR Minta Garuda Turunkan Harga Tiket untuk Jemaah Haji 2023
Pesawat Garuda Indonesia(ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

DPR RI meminta agar PT Garuda Indonesia menurunkan biaya tiket pesawat untuk jemaah haji 2023. Saat ini, PT Garuda Indonesia mengestimasi biaya tiket pesawat untuk calon jemaah haji sebesar Rp33,4 juta.

"Itu menurut saya turun Rp2 juta bisa. Asal Garuda koordinasi dengan BPKH," kata Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Lubis dalam rapat Panja Biaya Penyelenggaraan Haji 2023 di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (9/2).

Ia menilai, beberapa komponen biaya yang bisa diturunkan ialah uang sewa pesawat, bahan bakar hingga penurunan angka dari kurs dolar.

"Penyewaan bisa B2B saja. Ketika BPKH punya dana cash, itu bisa dikasih potongan. Tiga komponen ini yang kita perhatikan," ungkap dia.

Pada kesempatan itu, Direktur Layanan dan Niaga PT Garuda Indonesia Ade R. Susardi membeberkan total biaya tiket perjalanan yang dibebankan kepada jemaah haji di antaranya berasal dari 40,4% cist harga minyak, 37% aircraft lease persiapan teknis operasi pesawat 2,5%. Di samping itu ada biaya untuk asuransi pesawat serta jasa kebandarudaraan.

Baca juga: Pembahasan Biaya Haji Ditarget Rampung 14 Februari

Pun ada pula biaya staf. Berdasarkan estimasi jumlah darat operasional yang akan dituagaskan dalam penerbangan haji 2023 sebanyak 221 petugas, yaitu 84 petugas pada fase 1 dan 137 petugas pada fase 2. Adanya kenaikan biaya temoprary working visa dan enjaz di Saudi Arabia menjadi US$2.603 dari sebelumnya US$720 sebelum covid-19.

"Ini baru angka asumsi awal. Saat ini kita asumsinya kita berdasarkan persentase yang tahun lalu," tuturnya.

Berdasarkan rencana awal dengan kuota haji 100% di 2023, Ade menyebut ada 13 embarkasi dengan total jemaah 205.875. Ada dua fase, yakni pemberangkatan pada 24 Mei hingga 22 Juni dan pemulangan pada 3 Juli hingga 1 Agustus.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat