visitaaponce.com

Warga Australia Harus Tukar Ginjal dengan Tiket Pesawat

Warga Australia Harus Tukar Ginjal dengan Tiket Pesawat
Pesawat Qantas take off dari Bandara Internasional Sydney.(AFP)

AMBER Daines Ungar, Warga Sydney, Australia, mengaku terkejut ketika mencoba memesan tiket pesawat ke Bali, Indonesia, untuk liburan sekolah pada September 2023.

Sebelum pandemi covid-19, harga tiket pesawat ke pulau resor di Indonesia itu hanya 400 dolar Australia (US$260 atau Rp.3,9 juta) per orang. Namun, kini tarifnya naik menjadi, Rp14 juta.

Ia pun harus merogoh kocek untuk keluarganya yang beranggotakan empat orang mencapai 6.000 dolar Australia (US$3.900 atau Rp59 juta). Jumlah sebesar itu amat berat di tengah beban inflasi yang tinggi.

Baca juga : Rute Baru Citilink Lombok - Bima Diharap Dorong Ekonomi NTB

“Saya harus menjual ginjal untuk membeli empat tiket. Kami mengalami inflasi yang tinggi, jadi saya tahu biayanya akan lebih mahal. Namun sulit untuk membenarkan biaya tinggi untuk penerbangan enam jam,” kata Ungar.

Ia berpikir rasional dan akhirnya membatalkan rencana liburannya karena kenaikan tarif tersebut.

Tarif angkutan udara di Australia naik dua kali lipat dibandingkan biaya sebelum pandemi dan para kritikus banyak menyalahkan proteksionisme pemerintah Australia.

Baca juga : Armada Kedelapan Pelita Air Siap Layani Penumpang

Bulan lalu, Canberra menolak tawaran Qatar Airways untuk menambah 21 penerbangan mingguan dari 28 penerbangan yang sudah beroperasi antara Eropa dan Sydney, Brisbane dan Melbourne.

Proposal tersebut akan menambah sekitar satu juta kursi tambahan setiap tahunnya, sehingga memberikan tekanan pada kenaikan harga tiket pesawat. Menteri Transportasi Australia Catherine King, yang merupakan anggota Partai Buruh yang berhaluan kiri-tengah, berpendapat bahwa usulan tersebut tidak sesuai dengan kepentingan nasional negara tersebut.

Itu termasuk kebutuhan untuk memastikan adanya pekerjaan jangka panjang, bergaji tinggi, dan aman bagi warga Australia di Australia di sektor penerbangan. Keputusan King diambil setelah maskapai penerbangan nasional Australia Qantas menentang tawaran Qatar Airways.

Baca juga : Penerbangan Rute Sidney - Denpasar Dibuka Lagi

Qantas mengklaim penerbangan tambahan ini akan mendistorsi harga tiket di pasar. Pada Kamis (31/8), Asisten Bendahara Stephen Jones menarik kembali komentar sebelumnya bahwa tiket pesawat yang lebih murah tidak akan ada lagi di Qantas.

Warga Australia protes

Langkah Canberra telah memicu reaksi keras dari industri penerbangan dan lembaga konsumen, yang menuduh pemerintah melindungi keuntungan Qantas dengan mengorbankan warga Australia.

Situasi ini sangat meresahkan banyak warga Australia sejak Qantas, yang melaporkan laba bersih sebesar 1,7 miliar dolar Australia (US$1,1 miliar atau sekitar Rp.16,7 triliun) untuk 2022-23 dan menerima sekitar 2,7 miliar dolar Australia (US$1,75 miliar atau Rp.26,6 triliun) suntikan dana dari pemerintahan.

Baca juga : Perdana, 271 Penumpang Jestar dari Melbourne Tiba di Bali

Kamar Dagang dan Industri Australia (ACCI), salah satu dari banyak kelompok industri yang mengecam langkah tersebut, memperkirakan keputusan tersebut akan merugikan perekonomian Australia setidaknya 788 juta dolar Australia (US$511 juta atau Rp.7,7 triliun) per tahun dari sektor pariwisata.

“Keputusan ini akan menunda pemulihan, menjaga harga tiket pesawat tetap tinggi, berkontribusi terhadap inflasi, merusak industri pariwisata dan perekonomian Australia,” kata Kepala Eksekutif ACCI John Hart, yang baru-baru ini membayar 11,500 dolar Australia (US$7,400 atau Rp.112 juta) untuk dua tiket ke Eropa, kepada Al Jazeera.

Qantas tidak menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Al Jazeera tentang pengaruhnya di Canberra. Namun mereka mengatakan bahwa harga tiket pesawat telah turun secara signifikan dan kapasitasnya meningkat sekitar dua kali lipat sejak awal tahun ini.

Baca juga : Sydney Mulai Longgarkan Pembatasan Kegiatan Terkait Covid-19

“Kami paham masyarakat selalu menginginkan tarif yang lebih murah, namun hal ini akan terwujud secara berkelanjutan seiring dengan pemulihan yang sudah berjalan lancar,” kata pihak maskapai tersebut.

“Dalam beberapa minggu terakhir saja, China Southern dan Singapore Airlines telah mengumumkan lebih banyak penerbangan baru ke Australia dibandingkan yang diharapkan oleh Qatar. Jadi, gagasan bahwa kami menetapkan harga untuk pasar secara keseluruhan adalah salah,” tambahnya.

Tarif penerbangan 52% lebih mahal

Dalam Australian Financial Review pada hari Senin, kolumnis Joe Aston menuduh CEO Alan Joyce menyinggung kepentingan nasional dari kenaikan tarif pesawat Qantas.

Baca juga : Lockdown Berakhir, Warga Sydney Rayakan Hari Kebebasan

“Pasar di mana permintaan perjalanan global sedang meningkat, namun Qantas International mengenakan tarif 52% lebih mahal dengan harga tiket pesawat yang 28 persen lebih murah dibandingkan sebelum adanya Covid-19," jelasnya.

Andrew Charlton, mantan Kepala Bagian Hukum Qantas yang sekarang mengelola Aviation Advocacy, sebuah konsultan yang berbasis di Swiss, mengatakan bahwa Qantas memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap pemerintah Australia.

“Mereka menerima dana Covid-19 dalam jumlah besar, menghasilkan keuntungan besar sambil memeras pekerjanya, membiarkan layanan pelanggan mereka buruk dan melakukan perencanaan armada dengan buruk, itulah sebabnya mereka menyewa pesawat dari Finnair untuk rute populer Sydney ke Singapura," kata Charlton.

Baca juga : Alami Rugi, Qantas Tak Layani Penerbangan Penumpang Hingga Oktober

Jika dibiarkan menggandakan kapasitas penerbangannya dan datang dengan pesawat baru serta layanan terbaik, maka tidak Qantas akan mampu merespons saat ini dan mereka berpendapat hal itu akan berdampak buruk bagi industri. Namun kenyataannya hal ini hanya akan berdampak buruk bagi Qantas.

“Keputusan yang diambil pemerintah tidak pro-Australia atau pro pariwisata. Hal ini pro-Qantas dan dibuat untuk memberikan waktu bagi maskapai penerbangan tersebut untuk meningkatkan armadanya dan membangun posisi pertahanan yang sangat baik melawan maskapai penerbangan seperti Qatar Airways,” tambahnya.

Wakil Direktur Institut Studi Transportasi dan Logistik di Universitas Sydney Rico Merkert menyuarakan sentimen serupa. Rute antara Australia dan Eropa yang ingin diisi oleh Qatar hanya dilayani dengan kapasitas sekitar 70% dibandingkan dengan tingkat sebelum Covid-19.

Baca juga : WN Australia Viral Mengamuk di Kuta Ditetapkan Jadi Tersangka

“Lebih banyak penerbangan berarti lebih banyak persaingan, dan hal ini akan menjadi hal yang baik bagi konsumen di Australia dan siapa pun yang ingin terbang ke sana. Ini adalah peluang besar yang hilang karena akan mendatangkan banyak wisatawan baru ke Australia, selain pelancong bisnis dan angkutan barang,” jelasnya

Analis lain lebih bersimpati terhadap pendekatan hati-hati pemerintah terhadap maskapai asing. Profesor Manajemen Transportasi Udara Dan Pariwisata di Universitas Griffith Gui Lohmann, mengatakan Qantas diatur oleh Undang-Undang Qantas, yang mengharuskannya menjadi perusahaan nasional sehingga negara memiliki kepentingan nasional dalam melindungi maskapai penerbangan tersebut.

Jika Qantas kesulitan, pemerintah harus memberikan dana talangan kepada mereka seperti yang terjadi selama pandemi covid-19. Lohmann mengatakan tawaran Qatar Airways bertujuan untuk mendominasi pasar di Australia dan membangun permintaan yang kuat.

Baca juga : WNA Australia Dideportasi setelah Ketahuan Bisnis Jasa Konsultan Ilegal

“Setelah mereka (Qatar) masuk, mereka akan mengeksplorasi tarif penerbangan yang lebih rendah, menciptakan keunggulan kompetitif yang tidak berkelanjutan dan menghilangkan persaingan untuk menciptakan duopoli atau bahkan monopoli, sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan oleh maskapai penerbangan ini karena mereka disubsidi oleh pemerintah Qatar,” katanya.

“Faktanya, Australia memiliki peraturan penerbangan yang sangat liberal. Kami memiliki maskapai penerbangan milik asing, Virgin, yang beroperasi di pasar domestik, hal yang belum pernah terjadi di AS dan Tiongkok, dan bandara kami diprivatisasi. Jadi dalam banyak hal, kami berada di garis depan dalam regulasi.”

Charlton dari Aviation Advocacy mengatakan argumen seperti itu membuat kesalahan dengan menyamakan apa yang baik bagi Qantas dan Australia.

“Tapi bukan itu masalahnya. Apa yang baik bagi Qantas belum tentu baik bagi industri pariwisata Australia, yang merupakan 15% perekonomian kita. Kami ingin lebih banyak orang datang ke sini, dan keputusan ini mencegah hal itu,” katanya.

“Pada akhirnya, penerbangan adalah soal politik. Tidak pernah ada keputusan besar yang tidak berkaitan dengan politik. Ini tidak terkecuali.” (Aljazeera/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat